PENERAPAN MODEL COMMITMENT WHEEL GARY DESSLER DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MEMBANGUN KOMITMEN ORGANISASIONAL ANGGOTA PADA ORGANISASI MAHASISWA (Studi pada Organisasi Mahasiswa AIESEC UNAND)

Bagus, Ciptadi Andrano (2016) PENERAPAN MODEL COMMITMENT WHEEL GARY DESSLER DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MEMBANGUN KOMITMEN ORGANISASIONAL ANGGOTA PADA ORGANISASI MAHASISWA (Studi pada Organisasi Mahasiswa AIESEC UNAND). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
-Abstrak-.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
-Bab I Pendahuluan-.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
-Bab V Kesimpulan dan Saran-.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
-Daftar Pustaka-.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
-Skripsi Full-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL COMMITMENT WHEEL DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MEMBANGUN KOMITMEN ORGANISASIONAL ANGGOTA PADA ORGANISASI MAHASISWA (Studi pada Organisasi Mahasiswa AIESEC UNAND) Oleh: Bagus Ciptadi Andrano 1010862003 Pembimbing: Dr. Asmawi, MS Dr. Ernita Arif, M.Si Komunikasi Organisasi merupakan hal yang penting dalam membangun komitmen organisasional anggota pada organisasi. Membangun komitmen organisasional anggota sangat penting bagi keberlangsungan dan masa depan organisasi. Karena dengan adanya komitmen organisasional lah anggota dari sebuah organisasi dapat memberikan kinerja yang maksimal untuk organisasi. AIESEC UNAND sebagai salah satu organisasi yang dijalankan oleh mahasiswa, selalu dihadapkan dengan permasalahan dalam membangun komitmen organisasional anggotanya. Itulah mengapa AIESEC UNAND sangat memperhatikan bagaimana cara untuk membangun komitmen organisasional anggotanya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana cara AIESEC UNAND dalam membangun komitmen organisasional anggotanya. Peneliti menggunakan model commitment wheel Gary Dessler untuk melihat bagaimana penerapan model ini oleh AIESEC UNAND dalam proses komunikasi organisasi untuk membangun komitmen organisasional anggotanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi serta studi arsip dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen AIESEC UNANDtelah menerapkan seluruh aspek dalam model commitment wheel Gary Dessler untuk membangun komitmen organisasional anggota melalui cara-cara dan program-program yang berdasarkan pada nilai-nilai dan ciri khas AIESEC UNAND. Format interaksi utama dalam komunikasi organisasi yang digunakan AIESEC UNAND adalah komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok kecil,selain itu juga menggunakan komunikasi publik dan komunikasi lewat media sosial sebagai pendukung. Hambatan yang dihadapi AIESEC UNAND dalam membangun komitmen organisasional anggota berasal dari manajer yang kurang perhatianterhadap anggota dan anggota yang menutup diri serta juga segan dan takut untuk berkomunikasi langsung dengan manajemen dan anggota AIESEC UNAND lainnya. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Komitmen Organisasional, Model Commitment Wheel, AIESEC UNAND

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:02
Last Modified: 14 Sep 2016 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16600

Actions (login required)

View Item View Item