PERAN PASAR TERNAK DALAM PEMASARAN SAPI POTONG (Studi Kasus Pasar Ternak Lubuk Basung Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat)

AQMIL, KADIM (2016) PERAN PASAR TERNAK DALAM PEMASARAN SAPI POTONG (Studi Kasus Pasar Ternak Lubuk Basung Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Aqmil Kadim FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) profil pasar ternak Lubuk Basung Kabupaten Agam, b) untuk menegtahui lembaga yang terlibat dalam pasar ternak Lubuk Basung Kabupaten Agam, dan c) untuk mengetahui peran pasar ternak dalam pemasaran sapi potong di Pasar Ternak Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan Wawancara dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Variabel penelitian yaitu profil pasar ternak , lembaga yang terlibat di pasar ternak Lubuk Basung dan peran pasar ternak dalam pemasaran sapi potong. Hasil penelitian menunjukan profil pasar ternak Lubuk Basung Kabupaten Agam dilihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki, berdasarkan kriteria Provinsi Sumatera Barat tergolong pasar ternak kategori C atau Tipe C, dimana masih ada beberapa sarana yang belum tersedia seperti hotel hewan, hotel pedagang, klinik konsultasi, sarana telkomunikasi, tempat lelang dan meeting room. Lembaga yang terlibat di pasar ternak Lubuk Basung yaitu Lembaga Formal dan Lembaga Informal. Lembaga informal terdiri dari peternak, pedagang besar dan pedagang pengumpul sedangkan lembaga formal terdiri dari Dinas Peternakan Kabupaten, Dinas Kesehatan Hewan, UPT Pasar Ternak Lubuk Basung dan Pemerintah Kabupaten Agam DPPKA-Bidang PAD. Peran pasar ternak sebagai fungsi transaksi merupakan sarana bagi peternak dan pedagang ternak untuk melakukan jual-beli ternak dengan sistem “barosok”, sedangkan peran pasar ternak sebagai fungsi fisik dan pelancar menunjukan dengan sarana dan prasarana yang dimiliki pasar ternak dan informasi harga yang tersedia sangat menunjang kelancaran aktivitas jual-beli ternak. Kata Kunci :Peran Pasar Ternak, Lembaga yang terlibat, Lubuk Basung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:52
Last Modified: 12 Aug 2016 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14778

Actions (login required)

View Item View Item