Hubungan Penerimaan Diri Dengan Stres Ibu Yang Memiliki Anak Penyandang Autisme Di Yayasan Pengembangan Potensi Anak (YPPA) Padang

Wahyu, Astuti (2016) Hubungan Penerimaan Diri Dengan Stres Ibu Yang Memiliki Anak Penyandang Autisme Di Yayasan Pengembangan Potensi Anak (YPPA) Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII (Kesimpulan & Saran))
Bab VII (Kesimpulan & Saran).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Autisme adalah gangguan perkembangan yang mempunyai karakteristik gangguan interaksi sosial dan perkembangan bahasa yang serius. Di Indonesia, penderita autisme mengalami peningkatan mencapai 23% setiap tahun. Di kota Padang tahun 2015 jumlah anak autis berjumlah 178 anak. Memiliki anak yang autisme tidaklah mudah karena dalam perawatan anak yang menyandang autisme dapat menyebabkan stres karena banyaknya gejala yang ditimbulkan oleh sindrom tersebut. Penerimaan diri dapat menjadi hal yang mempengaruhi ibu dalam merawat anak penyandang autisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui . Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2016 di Yayasan Pengembangn Potensi Anak (YPPA) Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional adapun teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil dari analisa data lebih dari separuh (64,4%) responden mempunyai penerimaan diri yang buruk dan lebih separuh (55,6%) responden mengalami stres yang tinggi. Penerimaan diri dan stres ibu dikorelasikan menggunakan uji chi-square dengan nilai p=0,006 (p<0,05). Artinya terdapat hubungan bermakna antara penerimaan diri dengan stres ibu yang memiliki anak penyandang autisme. Disarankan kepada ibu untuk lebih bersosialisasi dan berdiskusi dengan ibu yang lain agar mampu meningkatkan kepercayaan diri dan untuk memperbaiki pandangan negatif ibu terhadap anak autisme Kata Kunci :Penerimaan diri dan stres Daftar Pustaka : 56 (2000– 2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 05 Aug 2016 04:48
Last Modified: 05 Aug 2016 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item