Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2016

Ria, Destisa (2016) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan & Saran)
Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Gangguan pada fungsi ginjal dan perawatannya serta penyesuaian diri terhadap kondisi sakit menyebabkan pasien hemodialisa mengalami penurunan kualitas hidup dan membutuhkan dukungan keluarga dalam mengatasinya. Dukungan keluarga yang konsisten dapat membantu pasien dalam menghadapi hal - hal yang menimbulkan penurunan kualitas hidup . Dukungan keluarga pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa terdiri dari dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan emosional, dukungan pengharapan dan dukungan harga diri. Apabila dukungan semacam ini tidak ada, maka keberhasilan penyembuhan/pemulihan (rehabilitasi) sangat berkurang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik denga n desain penelitian adalah cross sectional study . Penelitian ini telah dilakukan di Ruang unit Hemodialisa RSUP Dr. M. Djamil Padang waktu penelitian pada bulan Mei - Juli 2016 . Populasi adalah jumlah keseluruhan dari pasien yang menjalani hemodialisa di ruang hemodialisa RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2016 yang berjumlah 175 pasien. Sampel pada penelitian ini sebanyak 38 orang. Te k nik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner . Pengolahan dan analisis data dilakukan secara komputerisasi. Berdasarkan ha sil penelitian didapatkan bahwa ; lebih dari separ u h (63,2%) pasien memiliki dukungan keluarga yang supportif , lebih dari separ u h (55,3%) memiliki kua litas hidup ya ng kurang baik . Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) yang Menjalani Hemodialisa di RS. Dr. M. Djamil Padang T ahun 2016 (p=0,001). Keluarga yang memiliki anggota keluarga yang menjal ani hemodialisa diharapkan untuk selalu memberikan dukungan baik moril dan materil, sehingga kualitas hidup pasien yang menjalani hemod ialis is GGK dapat dipertahankan. Kata Kunci : Dukungan keluarga , kualitas hidup dan GGK Daftar Pustaka : 39 (200 0 – 201 3 )

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 05 Aug 2016 04:50
Last Modified: 05 Aug 2016 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item