Hubungan Karakteristik dan Motivasi dengan Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Menerapkan Keselamatan Pasien di Unit Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang.

Honesty, Diana Morika (2016) Hubungan Karakteristik dan Motivasi dengan Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Menerapkan Keselamatan Pasien di Unit Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kinerja perawat dalam lingkup penerapan keselamatan pasien berhubungan erat dengan upaya untuk mencegah dampak kejadian tidak diharapkan terhadap pasien yaitu kematian dan ketidakmampuan yang menetap. Terlaksananya kinerja individu dilihat dari karakteristik dan motivasi menentukan hasil kerja seorang. Hasil survey yang dilakukan masih ditemukannya perawat pelaksana belum menerapkan keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan karakteristik dan motivasi dengan kinerja perawat pelaksana dalam menerapkan keselamatan pasien di Unit Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang. Jenis penelitian ini adalah cross sectional study. Sampel berjumlah 45 perawat pelaksana diruangan bedah, anak dan interne diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data dengan uji chi square. Hasil penelitian diketahuai tidak ada hubungan umur dengan pvalue (0,291), jenis kelamin dengan pvalue (1,000), pendidikan dengan pvalue (0,862), status perkawinan dengan pvalue (0,196) dan masa kerja, pvalue (0,247). Ada hubungan motivasi dengan kinerja perawat pelaksana dalam menerapkan keselamatan pasien dengan pvalue (0,000). Manajemen rumah sakit diharapkan meningkatkan motivasi dengan supervisi terstruktur dalam pelaksanaan keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 03 Aug 2016 06:46
Last Modified: 03 Aug 2016 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item