Pengaruh Life Review Therapy Terhadap Harga Diri Rendah Pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Kab.Bungo Jambi Tahun 2016

Dewi, Narullita (2016) Pengaruh Life Review Therapy Terhadap Harga Diri Rendah Pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Kab.Bungo Jambi Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Proses menua (aging process) berpotensi menimbulkan masalah fisik dan psikososial pada lansia. masalah psikososial pada lasia salah satunya adalah harga diri rendah. Banyak faktor yang menyebabkan harga diri rendah pada lansia, jika tidak ditangani maka akan mengakibatkan lansia beresiko mengalami depresi sehingga menarik diri dan kemudian berlanjut ke perilaku mencederai diri. dan resiko bunuh diri. Life review therapy merupakan salah satu terapi untuk mengatasi harga diri rendah pada lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh life review therapy pada lansia yang mengalami harga diri rendah di PSTW Kab.Bungo. Desain penelitian ini adalah quasi experiment pretest and posttest with control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dimana 40 responden kedalam kelompok intervensi (n=20) dan kelompok kontrol (n=20). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rosenberg Self Esteem Scale. Hasil uji paired t test didapatkan rata-rata harga diri rendah pada kelompok intervensi sebelum diberikan terapi sebesar 17,95 dan setelah diberikan terapi sebesar 10,20, dengan nilai p value = 0,000. Study ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna harga diri rendah setelah diberikan terapi life review pada kelompok intervensi. Terapi life review direkomendasikan untuk mengatasi harga diri rendah pada lansia yang tinggal di PSTW.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:38
Last Modified: 29 Jul 2016 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13315

Actions (login required)

View Item View Item