ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN RUJUKAN RAWAT JALAN POLI UMUM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS SALIDO KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2015.

UTAMI, DAMAIYANTI (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN RUJUKAN RAWAT JALAN POLI UMUM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS SALIDO KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Rujukan pasien peserta JKN di Puskesmas Salido Tahun 2015 ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut memiliki angka persentasi yang tinggi (19%) dibandingkan dengan standar rujukan 12%(Depkes 2007). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan rujukan rawat jalan poli umum program JKN di puskesmas salido kabupaten pesisir selatan tahun 2015. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan ditentukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, Focus Group Discussion, observasi dan telaah dokumen di Puskesmas Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Rekaman hasil wawancara mendalam dibuat dalam bentuk transkip dan dianalisis serta diinterpretasikan dalam bentuk hasil penelitian. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa di Puskesmas Salido masih kurangnya penerapan kebijakan dalam memberikan pelayanan rujukan rawat jalan, dokter yang sering tidak berada di puskesmas, seringnya terjadi kekosongan obat, tidak lengkapnya sarana prasarana kesehatan serta sosialisasi yang tidak tepat sasaran mempengaruhi tingginya angka rujukan di puskesmas. Kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan rujukan di Puskesmas Salido belum berjalan dengan baik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain perlunya kesadaran tenaga kesehatan dalam menerapkan kebijakan yang telah ada, memperbaiki perencanaan dan pengadaan obat, melengkapi sarana prasarana yang ada serta melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat. Daftar Pustaka : 34 (2004-2015) Kata Kunci : Peserta JKN, Rujukan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:51
Last Modified: 28 Jul 2016 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item