Analisis Kemampuan Kepemimpinan Klinis Perawat Pelaksana Berdasarkan Pendekatan Clinical Leadership Competency Framework dan Faktor-Faktor Determinannya di Ruang Rawat Inap RSUD Padangsidimpuan

Yusnaini, Yusnaini (2016) Analisis Kemampuan Kepemimpinan Klinis Perawat Pelaksana Berdasarkan Pendekatan Clinical Leadership Competency Framework dan Faktor-Faktor Determinannya di Ruang Rawat Inap RSUD Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Akhir.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan kepemimpinan klinis merupakan kemampuan perawat pelaksana meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan pasien secara inovasi dan kreatif. Kemampuan kepemimpinan klinis yang belum optimal menjadi masalah manajemen rumah sakit dan berpengaruh terhadap rendahnya kualitas pelayanan. Karena, sebagian besar keputusan mempengaruhi perawatan klinis. Faktor-faktor determinan dari kemampuan kepemimpinan klinis yaitu ketersediaan sumber daya perawat, kompetensi, dukungan manajemen dan dukungan lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan kepemimpinan klinis perawat pelaksana berdasarkan pendekatan clinical leadership competency framework dan faktor-faktor determinannya di ruang rawat inap RSUD Padangsidimpuan. Penelitian ini telah dilaksanakan dari tanggal 12 Mei sampai 02 Juni 2016, dengan desain deskriptif analitik korelasi. Sampel berjumlah 151 perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Padangsidimpuan. Data dikumpulkan dengan kuesioner lalu dianalisis bivariat dengan uji chi-square dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermakna antara ketersediaan sumber daya perawat, dukungan manajemen dan dukungan lingkungan kerja dengan kemampuan kepemimpinan klinis, dengan nilai p untuk masing-masing variabel yaitu ketersediaan sumber daya perawat (p = 0,043), dukungan manajemen (p = 0,000) dan dukungan lingkungan kerja (p = 0,005). Sedangkan kompetensi tidak ada hubungan bermakna dengan kemampuan kepemimpinan klinis perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Padangsidimpuan (p = 0,084). Analisis multivariat menunjukkan dukungan manajemen merupakan variabel yang paling dominan berhubungan dengan kemampuan kepemimpinan klinis dengan nilai Odds Ratio (OR) 4,476 dan bermakna secara statistik (p < 0,000). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pihak manajerial RSUD Padangsidimpuan dapat meningkatkan dukungan manajemen dengan memberikan kesempatan kepada perawat pelaksana mengikuti seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan khususnya terkait kemampuan kepemimpinan klinis untuk mendapatkan pelayanan keperawatan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:32
Last Modified: 27 Jul 2016 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item View Item