HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL KEPALA RUANGAN SERTA IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RSUD PARIAMAN TAHUN 2016

JUFRI, AL FAJRI (2016) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL KEPALA RUANGAN SERTA IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RSUD PARIAMAN TAHUN 2016. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan kerja adalah perasaan positif tentang pekerjaan yang merupakan hasil dari sebuah evaluasi pekerjaanya. Berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa banyak perawat mengalami ketidakpuasan kerja. Penelitian di berbagai rumah sakit menunjukkan bahwa lebih dari 40% perawat mengalami ketidakpuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional kepala ruangan serta iklim organisasi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di RSUD Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jenis kuantitatif, desain cross sectional. Sampel berjumlah 90 perawat, diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil uji chi square didapatkan ada hubungan gaya kepemimpinan transformasional Kepala Ruangan dengan kepuasan kerja perawat dengan nilai p=0,017, ada hubungan gaya kepemimpinan transaksional Kepala Ruangan dengan kepuasan kerja perawat dengan nilai p=0,015, ada hubungan iklim organisasi dengan kepuasan kerja perawat dengan nilai p=0,013. Variabel paling berhubungan dengan kepuasan kerja perawat adalah iklim organisasi dengan OR=3,525. Diharapkan pihak rumah sakit dapat memperbaiki memperbaiki iklim organisasi dengan meningkatkan komitmen kerja perawat melalui beberapa pendekatan seperti prinsip keadilan, persamaan visi dan menumbuhkan rasa cinta terhadap rumah sakit sehingga perawat akan merasa kehilangan jika meninggalkan rumah sakit saat akan beralih ke tempat lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:09
Last Modified: 30 Jul 2016 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12676

Actions (login required)

View Item View Item