Pengaruh Pijat Bayi dan Metode Kanguru terhadap Peningkatan Berat Badan pada Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Windhy, Lathifah Arief (2023) Pengaruh Pijat Bayi dan Metode Kanguru terhadap Peningkatan Berat Badan pada Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) membutuhkan perawatan yang lebih kompleks. Pijat bayi dan metode kanguru merupakan perawatan tambahan yang dapat diberikan. Hal ini bertujuan agar bayi tersebut mengalami peningkatan berat badan. Kenaikan berat badan menjadi indikator untuk pertumbuhan pada bayi dengan BBLR. Jenis penelitian ini adalah narrative literature review. Penelitan ini dilakukan pada bulan Oktober 2021 sampai Februari 2023. Pencarian artikel diakses melalui database PubMed, Science Direct, dan Google Scholar. Artikel yang dipilih berdasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil pencarian artikel didapatkan 20 artikel yang relevan dengan topik dan dilakukan analisis. Artikel tentang pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat abdan pada BBLR sebanyak 9 artikel, tentang pengaruh metode kanguru terhadap peningkatan berat badan pada BBLR sebanyak 8 artikel dan 3 artikel tentang pengaruh pijat bayi dan metode kanguru terhadap peningkatan berat badan pada BBLR. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan pijat bayi yang dilakukan selama 7 hari sebanyak 3 kali sehari dengan durasi 15 menit yang dilakukan oleh orang tua bayi terhadap peningkatan berat badan pada BBLR dengan rata-rata kenaikan berat badan 15 gram/hari. Adanya pengaruh metode kanguru yang dilakukan dengan durasi 4-6 jam dan dilakukan langsung oleh ibu terhadap peningkatan berat badan pada bayi BBLR dengan kenaikan berat badan rata-rata 30 gram dengan peningkatan 6 gram/hari. Pengaruh pijat bayi yang digabungkan dengan metode kanguru memberikan pengaruh yang lebih baik dengan peningkatan berat badan pada BBLR yang lebih cepat dengan kenaikan berat badan rata-rata 11-23 gr/hari. Kata Kunci: pijat bayi, metode kanguru, peningkatan berat badan, berat badan lahir rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, Ph.D
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:35
Last Modified: 06 Mar 2023 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125555

Actions (login required)

View Item View Item