Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMKN 1 Padang Tahun 2016

Wilda, Febriani (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMKN 1 Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
6. BAB 1.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
12. BAB VII.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bullying telah menjadi permasalahan sosial bagi para remaja di sekolah dan telah banyak menjadi topik penelitian di seluruh dunia. Sebanyak 84% siswa di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah. Menurut KPAI, kasus bullying di sekolah menduduki tingkat teratas pengaduan masyarakat ke komisi perlindungan anak (KPAI) di sektor pendidikan sejak tahun 2011. Perilaku bullying memiliki banyak dampak buruk bagi korban maupun pelaku, mulai dari dampak ringan hingga berat. Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada siswa SMKN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan Cros Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsionate stratified random sampling dan di dapatkan sampel sebanyak 296 orang responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Bully/Victim Questionaire, Rosenberg Self Esteem Scale, School Climate Scale dan kuesioner keluarga, media, dan teman sebaya dari Alawiyah (2016). Hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh responden berperilaku bullying yaitu sebanyak 57,8 %. Dari total responden, lebih dari separoh responden memiliki harga diri yang rendah (52 %), faktor keluarga yang kurang baik (52%), faktor teman sebaya yang kurang baik (55,1%), faktor media yang kurang baik (52,7 %) dan penilaian negatif terhadap iklim sekolahnya (51%). Hasil uji statistik chi square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara faktor harga diri, keluarga, teman sebaya, media dan iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMNK 1 Padang Tahun 2016. Diharapkan dari hasil penelitian ini, sekolah dapat mempertimbangkan untuk mengaplikasikan program anti-bullying (SAHABAT) sehingga dapat mencegah meningkatnya perilaku bullying pada siswa. Program ini melibatkan semua pihak yang berada di sekolah termasuk orangtua. Aktivitas tersebut dapat berupa support network, olahraga, seni, kegamaan, kampanye dan penelitian. Kata kunci : Bullying, Faktor-Faktor Bullying, Remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:04
Last Modified: 26 Jul 2016 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item