Efektivitas Pelatihan Karir Dalam Peningkatan Career Decision Making Self-Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Psikologi Universitas Andalas

Almedy, Taufik Hidayat (2023) Efektivitas Pelatihan Karir Dalam Peningkatan Career Decision Making Self-Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Psikologi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan career decision making self-efficacy sebelum dan sesudah melakukan pelatihan karir pada mahasiswa psikologi tingkat akhir di Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa tingkat akhir psikologi di Universitas Andalas, dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan Career Decision Making Self Efficacy - Short Form (CDMSE-SF) dengan reliabilitas sebesar 0,915. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada career decision making self-efficacy sebelum dan sesudah pelatihan karir dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini juga dapat dilihat dari perbedaan hasil mean pretest (76,03) dan posttest (96,27) yang mengalami peningkatan sebesar 20,24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan karir dapat meningkatkan career decision making self-efficacy pada mahasiswa tingkat akhir psikologi di Universitas Andalas. Efek atau pengaruh pemberian pelatihan karir terhadap peningkatan career decision making self-efficacy pada mahasiswa tingkat akhir psikologi di Universitas Andalas dikategorikan sangat besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:55
Last Modified: 02 Mar 2023 02:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124875

Actions (login required)

View Item View Item