Febriyanti, Alamsyah (2022) PROFIL PEDAGANG DALAM MEMPEROLEH DAN MEMASARKAN PAKAIAN BEKAS (Studi Kasus 5 Pedagang Pakaian Bekas di Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version Download (116kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN-febi.pdf - Published Version Download (446kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP-febi.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-febi.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (Skripsi full text)
Skripsi Febriyanti Alamsyah Cetak.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pakaian bekas menjadi salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat saat ini. Hal ini ditandai dengan banyak nya perdagangan pakaian bekas yang dilakukan oleh masyarakat sehingga keberadaannya mudah ditemui. Meskipun demikian dalam praktiknya barbagai kendala dihadapi oleh pedagang dalam melakukan perdagangan pakaian ini seperti adanya larang pemerintah terkait perdagangan pakaian bekas serta sulitnya memperoleh pasokan pakaian bekas yang berkualitas dan memasarkan pakaian bekas. Dalam hal ini setiap pedagang harus memiliki kepandaian dalam memperoleh dan memasarkan pakaian bekas. Seperti yang dilakukan oleh pedagang pakaian bekas di Jalan Sandang Pangan Pasar Raya di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pedagang yang ada dilokasi tersebut dan strategi pedagang dalam memperoleh serta memasarkan pakaian bekas yang bernilai jual dan mendeskipsikan bagaimana keuntungan yang diperoleh oleh pedagang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu mereka yang melakukan perdagangan pakaian bekas dan pembeli pakaian bekas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pedagang dilokasi tersebut memiliki profil yang cukup berbeda. Selain itu strategi yang dilakukan oleh pedagang di Jalan Sandang Pangan dalam memperoleh dan memasarkan pakaian bekas difaktor kan oleh adanya pengalaman terdahulu dan informasi yang diperoleh hingga faktor dari pembeli tersebut. Strategi yang dilakukan pedagang dalam memperoleh pakaian bekas secara langsung yaitu langsung pergi membeli pasokan pakaian bekas atau secara tidak langsung yaitu membeli pasokan pakaian bekas melalui pemasok. Sedangkan strategi yang dilakukan oleh pedagang dalam memasarkan pakaian bekas difaktorkan oleh keberadaan pembeli yaitu pembeli biasa dan pedagang retail. Dengan demikian, strategi yang yang dilakukan oleh pedagang dalam memasarkan pakaian bekas kepada pembeli biasa dan pedagang retail juga akan berbeda. Saat melakukan strategi tersebut pedagang akan memperoleh sebuah keuntungan berupa omset penjualan serta dapat membangun jaringan sosial pada pelaku perdagangan pakaian bekas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof, Dr, Erwin, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | strategi, memperoleh, memasarkan, pakaian bekas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 07:07 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124767 |
Actions (login required)
View Item |