KOMUNIKASI INOVASI DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG TANGGUH (Studi Kasus Pengembangan Kampung Tangguh Sebagai Kampung Teladan Covid-19 Di Kota Payakumbuh)

Muhammad, Rafly (2023) KOMUNIKASI INOVASI DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG TANGGUH (Studi Kasus Pengembangan Kampung Tangguh Sebagai Kampung Teladan Covid-19 Di Kota Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI_MUHAMMAD RAFLY_1710863013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kampung tangguh adalah salah satu program dari pemerintah yang bertujuan untuk penanganan Covid-19 di Kota Payakumbuh, kampung tangguh Kubang Gajah ini adalah salah satu kampung tangguh terbaik di Sumatra Barat. Kampung Tangguh Kubang Gajah pernah meraih juara 1 lomba kampung tangguh tingkat Sumatera Barat karena menjadi yang terbaik karena tertata dan terkelola dengan baiknya kebijakan serta adanya kontribusi yang positif dari warganya, komunikasi inovasi yang berjalan dengan baik inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Peneliti menggunakan teori difusi inovasi dan manajemen makna terkoordinasi dalam membahas permasalahan. Peneliti mendapatkan hasil bahwa komunikasi inovasi kampung tangguh ini sukses dan terlaksana dengan baik. Komunikasi inovasi di dalam penelitian ini adalah proses perancangan inovasi sampai berjalannya inovasi, dengan memakai saluran seperti baliho, papan informasi, media cetak dan media sosial, dengan waktu mulai dari awal pembentukan pada 14 April 2020 sampai dengan berakhirnya pandemi, dan dengan adanya sistem sosial di dalamnya yaitu pihak yang turut serta di dalamnya, mulai dari pemerintah, Satgas Covid-19, Polres Payakumbuh. Kampung tangguh ini di November 2022 ini sudah kurang aktif dibandingkan sebelumnya karena memang pandemi sudah berakhir, walaupun kini sudah kurang aktif, tetapi nilai-nilai yang tercipta dengan adanya kampung tangguh ini masih ada dan berjalan, seperti komunikasi yang tercipta antar sesama masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, budaya gotong royong, giat ronda malam, masih berjalan sampai sekarang. Pada prosesnya, program kampung tangguh ini ditujukan untuk masyarakat Kubang Gajah sebagai sasaran inovasi, namun kemudian warga juga terlibat dalam proses pengembangan inovasi tersebut, sebab interpretasi yang berdasarkan pada pengalaman dan dalam kasus masyarakat kampung tangguh sendiri, pengalaman yang diperoleh adalah manfaat dari adanya program kampung tangguh tersebut. Dengan kata lain, masyarakat bukan hanya sebagai penerima inovasi ini saja, melainkan ikut berpartisipasi dalam mengembangkan inovasi tersebut. Kata Kunci: Komunikasi Inovasi, Kubang Gajah, Program Kampung Tangguh

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:32
Last Modified: 24 Feb 2023 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124289

Actions (login required)

View Item View Item