Strategi Keluarga dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup pada Era New Normal/Pasca Covid-19 (Studi Kasus di 5 Keluarga Perumnas Belimbing, RW 11, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang)

Iwani, Annisya Aprilia (2022) Strategi Keluarga dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup pada Era New Normal/Pasca Covid-19 (Studi Kasus di 5 Keluarga Perumnas Belimbing, RW 11, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Annisya Aprilia Iwani, BP 1710823001, “Strategi Keluarga dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup pada Era New Normal/Pasca Covid-19 (Studi Kasus di 5 Keluarga Perumnas Belimbing, RW 11, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang)”. Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Padang. 2022. Pembimbing I: Dr. Yevita Nurti, M.Si, Pembimbing II: Sidarta Pujiraharjo, M.Hum. Kemunculan pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020 telah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Aktivitas ekonomi masyarakat adalah salah satu sektor yang berpengaruh besar khususnya tingkat pendapatan masyarakat yang memiliki pendapatan harian, karena mereka harus bekerja lebih keras agar dapat mempertahankan ekonomi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini terlihat pada keluarga yang berada di salah satu perumnas terbesar di Padang yaitu Perumnas Belimbing. Permasalahan dari penelitian ini adalah dampak Covid-19 terhadap pemenuhan kebutuhan utama keluarga dan strategi dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pada era New Normal/Pasca Covid-19, tepatnya di RW 11, Perumnas Belimbing. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dan menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, serta studi literatur. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu keluarga yang merupakan masyarakat RW 11 Kelurahan Kuranji, keluarga yang terkena dampak dari pandemi Covid-19, keluarga yang memiliki pendapatan harian, keluarga yang memiliki pekerjaan yang berinteraksi dengan banyak orang, dan keluarga yang melakukan strategi dalam memenuhi kebutuhan hidup pada era New Normal/Pasca Covid-19. Hasil penelitian ini menggambarkan dampak Covid-19 terhadap pemenuhan kebutuhan utama keluarga dan strategi dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pada era New Normal/Pasca Covid-19. Deskripsi mengenai keluarga yang terdampak Covid-19 di dalam pemenuhan kebutuhan digambarkan melalui identitas dari keluarga, latar belakang keluarga, pekerjaan anggota keluarga, pendapatan yang diperoleh, pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, dampak yang terjadi akibat Covid-19, serta strategi yang dilakukan oleh keluarga. Dampak dari Covid-19 ini terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga yaitu berkurangnya pendapatan dan bertambahnya pengeluaran. Sedangkan strategi yang dilakukan keluarga agar kebutuhan hidupnya tetap dapat terpenuhi adalah menambah pekerjaan, anggota keluarga ikut bekerja, mengandalkan bantuan, dan terakhir dengan berhemat. Selain mengandalkan pendapatannya sendiri, informan juga mengandalkan bantuan dari keluarga luas dan kerabatnya yang berada di kampung. Bahkan informan dan juga tetangganya saling membantu seperti saling meminjamkan bahan sembako dan uang ketika ada, hal inilah yang menjadi strategi keluarga agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Kata Kunci: strategi, pemenuhan kebutuhan hidup, New Normal, keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:37
Last Modified: 27 Feb 2023 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123989

Actions (login required)

View Item View Item