Gambaran Persepsi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Interprofessional Education (IPE)

Anisha, Purnama Sari (2023) Gambaran Persepsi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Interprofessional Education (IPE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Interprofessional Education (IPE) merupakan pendekatan pedagogis untuk mempersiapkan mahasiswa kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien secara kolaboratif dan terintegrasi agar dapat memperbaiki kualitas dari pelayanan kesehatan melalui implementasi Interprofessional Collaboration (IPC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa kepaniteraan klinik FK Unand terhadap IPE. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS) yang disebarkan melalui google form dengan total sampel sebanyak 258 mahasiswa kepaniteraan klinik periode Oktober 2022 – Januari 2023. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sebagian besar (89,5%) mahasiswa kepaniteraan klinik memiliki persepsi yang baik terhadap IPE. Pada umumnya (95,7%) komponen persepsi kebutuhan untuk bekerja sama berada dalam kategori baik. Lebih dari separuh (62,4%) mahasiswa memiliki persepsi yang baik pada komponen persepsi pemahaman terhadap profesi lain. Pada umumnya (90,6%) mahasiswa kepaniteraan klinik angkatan 2020 memiliki persepsi yang baik. Sebagian besar mahasiswa kepaniteraan klinik angkatan 2021 (89,1%) dan 2020 (88,8%) memiliki persepsi yang baik. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi mahasiswa kepaniteraan klinik FK Unand terhadap IPE berada dalam kategori baik, namun komponen persepsi pemahaman terhadap profesi lain masih kurang, sehingga hal ini perlu diperhatikan dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Laila Isrona, M.Sc
Uncontrolled Keywords: persepsi, mahasiswa kepaniteraan klinik, interprofessional education
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:10
Last Modified: 22 Feb 2023 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123845

Actions (login required)

View Item View Item