Analisis Pemasaran Gula Aren (Arenga pinnata) di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota

Meisy, Florianti (2022) Analisis Pemasaran Gula Aren (Arenga pinnata) di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan saluran pemasaran gula aren di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota; (2) Menganalisis margin dan tingkat efisiensi pemasaran gula aren di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei. Jumlah populasi produsen gula aren 35 orang yang diambil semuanya secara sensus untuk sampel penelitian. Sampel lembaga pemasaran dalam penelitian ini didapatkan dengan cara mengikuti saluran pemasaran dari produsen gula aren. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap pemasaran gula aren di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota, maka diperoleh hasil (1) Saluran pemasaran gula aren yang terdapat di Nagari Talang Anau terdiri dari 3 saluran, saluran I terdiri dari produsen – pedagang pengecer – konsumen, saluran II terdiri dari produsen –pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen, saluran III terdiri dari produsen – pedagang antar daerah – pedagang pengecer – konsumen; (2) Margin saluran I Rp 2.000/Kg, saluran II Rp 5.000/Kg, dan saluran III Rp 6.000/Kg. Farmer’s share saluran I 90,90%, saluran II 80%, dan saluran III 76,92%. Farmer’s share yang paling menguntungkan petani yaitu saluran I sebesar 90,90%. Persentase efisiensi pemasaran saluran I 7,21%, saluran II 8,56%, dan saluran III 6,46%. Saluran yang paling efisien dari ketiga saluran tersebut yaitu saluran III karena persentase efisiensi pemasarannya yang paling kecil yaitu sebesar 6,46%. Saran untuk penelitian ini yaitu sebaiknya petani tetap mempertahankan ketiga saluran pemasaran tersebut, karena sudah dapat dikatakan layak dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yusri Usman, M.S
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemasaran, Margin, Efisiensi, dan Gula Aren
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:41
Last Modified: 24 Feb 2023 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123814

Actions (login required)

View Item View Item