PERBANDINGAN MEDIA LEAFLET DAN MODUL TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MEMBERIKAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA 36-48 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IKUR KOTO KOTA PADANG

Aprianti, Delta (2022) PERBANDINGAN MEDIA LEAFLET DAN MODUL TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MEMBERIKAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA 36-48 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IKUR KOTO KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
cover delta.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
BAB delta.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
kesimpulan dan saran delta.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA delta ok.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
TESIS_DELTA APRIANTI_2021312005.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberian stimulasi merupakan salah satu kebutuhan dasar pada anak. Stimulasi membantu anak agar mendapatkan perkembangan yang optimal sesuai dengan usia anak. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan anak yaitu kurangnya pengetahuan, sikap dan tindakan ibu tentang stimulasi perkembangan anak. Salah satu cara agar ibu bisa menstimulasi perkembangan anak dengan memberikan edukasi kesehatan berupa pemberian media, salah satunya adalah media leaflet dan media modul.Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi media yang efektif terhadap perilaku ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan anak usia 36-48 bulan. Desain penelitian Quasi Eksperimen Pre Posttest With Control Group Pretest-Posttest Design. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 82 responden. Kelompok intervensi pertama diberikan media leaflet dan kelompok intervensi kedua diberikan media modul. Analisa secara univariat ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji wilcoxon rank test dan uji mann whitney. Hasil uji wilcoxon rank test didapatkan adanya pengaruh media leaflet dan modul terhadap perilaku ibu dengan nilai p value 0,000. Nilai yang didapatkan sesudah diberikan edukasi kesehatan kelompok intervensi pertama pengetahuan ibu kurang (48,8%), sikap positif (56,1%), tindakan cukup (56,1%), sedangkan kelompok intervensi kedua pengetahuan ibu baik (70,7%), sikap positif (78,0%) dan tindakan baik (61,0%). Hasil uji mann whitney didapatkan adanya perbedaan media leaflet dan modul terhadap perilaku ibu dengan nilai p value < 0.05. Diharapkan Puskesmas Ikur Koto khususnya di kegiatan Posyandu bisa menggunakan panduan modul dalam memberikan edukasi kesehatan. Kata kunci : Media Leaflet, modul, Perilaku Ibu, Stimulasi perkembangan Daftar Pustaka : 107 (2013 – 2021)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta., M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:19
Last Modified: 02 Feb 2023 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122526

Actions (login required)

View Item View Item