HUBUNGAN BEBAN DENGAN KUALITAS HIDUP PELAKU RAWAT PENDERITA STROKE DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2016

CAHAYA, INTANI PUTRI (2016) HUBUNGAN BEBAN DENGAN KUALITAS HIDUP PELAKU RAWAT PENDERITA STROKE DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Other (abstrak)
ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Other (bab I)
BAB_I.PDF - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Other (bab VII)
BAB_VII.PDF - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Other (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img] Text (skripsi CAHAYA INTANI PUTRI 1210321004)
SKRIPSI CAHAYA INTANI PUTRI 1210321004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Stroke masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang utama dan merupakan penyebab kematian urutan ke-3 di negara-negara maju setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker. Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi di Indonesia, menempati urutan ke 10 prevalensi stroke tertinggi di Indonesia. Sebagian besar penderita stroke akan kembali ke rumah dan membutuhkan bantuan dari pelaku rawat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara beban dengan kualitas hidup pelaku rawat penderita stroke di Polikinik RSSN Bukittinggi Tahun 2016. Rancangan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 76 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7 sampai 24 Juni 2016. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner WHOQOL BREF dan Zarit Caregiver Burden. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46,1% pelaku rawat memiliki beban sedang saat merawat penderita stroke dan 52,6% memiliki kualitas hidup buruk. Terdapat hubungan antara beban dengan kualitas hidup pelaku rawat penderita stroke. Disarankan kepada perawat atau tenaga kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan kepada pelaku rawat mengenai pentingnya memperhatikan kondisi kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidupnya, cara mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam merawat penderita stroke dan memberikan discharge planning kepada pelaku rawat sebelum pulang ke rumah dan kepada pelaku rawat untuk memperhatikan tindakan perawatan penderita stroke saat di rumah sakit yang akan bermanfaat saat perawatan di rumah. Kata Kunci : stroke, kualitas hidup,beban pelaku rawat Daftar Pustaka : 32 (2004-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:34
Last Modified: 22 Jul 2016 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12243

Actions (login required)

View Item View Item