Pengaruh Media Video Animasi terhadap Perilaku 5M sebagai Preventif Penularan COVID-19 Siswa Kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit

YN Zuhal, Chaisart Chaniago (2023) Pengaruh Media Video Animasi terhadap Perilaku 5M sebagai Preventif Penularan COVID-19 Siswa Kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

COVID-19 memiliki virulensi yang sangat tinggi sehingga dapat menginfeksi semua usia. Anak-anak dinilai lebih berisiko terkena COVID-19. Kebutuhan mereka terhadap bermain mengharuskan mereka berkontak dengan orang lain sehingga dibutuhkan langkah pencegahan sederhana yang dicanangkan Indonesia seperti 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan). Metode edukasi yang cocok untuk meningkatkan perilaku 5M siswa adalah videeo animasi yang menghadirkan perpaduan audiovisual sehinggat menarik bagi anak-anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian video animasi terhadap perilaku 5M sebagai tindakan preventif infeksi COVID-19 siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental one group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 61 siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit didapat melalui total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan Marginal Homogeneity Test dan Mc Nemar Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian video animasi terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan dengan nilai signifikansi berturut-turut 0,023, 0,019, dan 0,001 (p<0,05). Pengaruh juga tampak dari peningkatan perilaku 5M, yaitu pengetahuan dalam kategori baik yang semula 48 menjadi 56 siswa, sikap dalam kategori positif yang semula 30 menjadi 41 siswa, serta tindakan dalam kategori baik yang semula 38 menjadi 52 siswa. Pemilihan video animasi dinilai sangat tepat karena dengan video yang dapat diulang serta visualisasi gambar bergerak dilengkapi suara dapat mempermudah siswa dalam menerima informasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan didapatkan adanya pengaruh pemberian video animasi terhadap perilaku 5M siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nita Afriani, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: COVID-19, 5M, Video animasi, pengetahuan, sikap, tindakan, siswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:09
Last Modified: 02 Feb 2023 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122423

Actions (login required)

View Item View Item