PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DI KADAI TANGKELEK KOTA PADANG

Try, Lestari Damai Yanti S (2016) PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DI KADAI TANGKELEK KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
5. Bab 1(1).pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
10.BAB 6(1).pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11. Daftar Pustaka(1).pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki keragaman budaya yang memiliki keunikan sehingga perlu dilestarikan. Salah satu alternatif yang digunakan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia adalah memproduksi dan menggunakan produk asli Indonesia. Produk yang diproduksi oleh berbagai perusahaan untuk menciptakan produk dengan konsep mengenalkan budaya Indonesia, salah satunya dilakukan oleh industri Kadai Tangkelek. Kadai tangkelek merupakan salah satu industri yang memiliki visi untuk mengenalkan kebudayaan Minangkabau di Sumatera Barat melalui produk yang dipasarkan berupa kaos, jaket, gelang, bantal, sandal, tas dan topi. Banyaknya harapan yang diungkapkan oleh pihak Kadai Tangkelek melalui tujuan jangka panjang yang ingin dicapai adalah dapat menguasai pasar di Sumatera Barat bahkan nasional serta menjadi satu-satunya brand yang khas dengan produknya dari Sumatera Barat. Kondisi ini tentunya mengharuskan Kadai Tangkelek untuk memiliki strategi agar dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya sehingga dapat mencapai tujuan jangka panjang Kadai Tangkelek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara terhadap Kadai Tangkelek Kota Padang untuk merumuskan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) Kadai Tangkelek. Kemudian melakukan perumusan strategi melalui tiga tahap, yaitu tahap input menggunakan matriks EFE (External Factor Evaluation) dan IFE (Internal Factor Evaluation), tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats) dan IE (Internal-External) dan tahap keputusan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) melalui HOQ (House Of Quality). Dari hasil identifikasi posisi bisnis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa Kadai Tangkelek Kota Padang berada pada kuadran V, dimana posisi tersebut menunjukkan bahwa Kadai Tangkelek Kota Padang dalam keadaan menjaga dan mempertahankan esksistensi produknya. Sedangkan untuk prioritas strategi berdasarkan metode QFD melalui HOQ, dari 11 strategi yang diperoleh dari matriks SWOT maka urutan priorotas pertama dari strategi yang diperoleh adalah memperluas pangsa pasar. Kata kunci : HOQ, Kadai Tangkelek, QFD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:02
Last Modified: 22 Jul 2016 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item