PROFIL DAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN GERIATRI PENDERITA HIPERTENSI DALAM MENGONSUMSI OBAT DAN DIET HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR TAWAR KOTA PADANG BULAN OKTOBER 2022

Athiya, Rahmah Elsafrediniya (2022) PROFIL DAN TINGKAT KEPATUHAN PASIEN GERIATRI PENDERITA HIPERTENSI DALAM MENGONSUMSI OBAT DAN DIET HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR TAWAR KOTA PADANG BULAN OKTOBER 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text Athiya)
Skripsi Athiya Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Geriatri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakit. Penyakit tidak menular terbanyak yang diderita oleh lansia adalah hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ditandai dengan hasil pengukuran tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan/atau tekanan diastolik sebesar ≥90 mmHg. Kepatuhan pasien hipertensi dalam pengobatan dan dietnya sangat diperlukan agar didapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil dan tingkat kepatuhan pasien dalam mengonsumsi obat dan diet hipertensi. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 50 responden yang dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner MMAS-8 modifikasi dan kuesioner diet hipertensi kepada pasien yang kontrol di poli lansia Puskesmas Air Tawar Kota Padang bulan Oktober 2022. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responen berjenis kelamin perempuan (64%), kelompok usia terbanyak adalah 60-69 tahun (48%) dengan tingkat pendidikan terbanyak lulusan SMA (60%) dan sebagian besar tingkat ekonomi tinggi (72%). Jarak ke puskesmas berdasarkan waktu tempuh seluruh responden (100%) termasuk cepat, mayoritas responden (92%) tidak bekerja, seluruh responden (100%) menggunakan jaminan kesehatan dan sebagian besar responden (96%) tinggal bersama keluarga. Sebagian besar responden mendapatkan dukungan keluarga (84%) dengan kelompok status gizi terbanyak adalah berat badan normal (60%) dan lebih dari separuh (58%) responden telah menderita hipertensi >5 tahun. Tingkat kepatuhan mengonsumsi obat berada di tingkat kepatuhan tinggi (68%) dan tingkat kepatuhan diet hipertensi berada di tingkat kepatuhan tinggi (56%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar responden sudah patuh dalam mengonsumsi obat antihipertensi dan melaksanakan diet hipertensi. Saran kepada tenaga kesehatan untuk selalu memberikan informasi terkait pengobatan dan diet hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Firdawati, M.Kes, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hipertensi, Kepatuhan Obat, Kepatuhan Diet
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:52
Last Modified: 18 Jan 2023 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121882

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item