Pengaruh Pemberian Dadih Pada Ibu Hamil Terhadap Berat Badan dan Panjang Badan Bayi Baru Lahir dan Usia 6 Bulan di Padang Panjang

Setiawati, Sandy (2022) Pengaruh Pemberian Dadih Pada Ibu Hamil Terhadap Berat Badan dan Panjang Badan Bayi Baru Lahir dan Usia 6 Bulan di Padang Panjang. Masters thesis, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII penutup.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan asupan energi pada kehamilan diartikan sebagai asupan makanan yang diperlukan untuk menunjang perkembangan jaringan ibu yang optimal serta mendukung tumbuh kembang janin. Salah satu makanan tambahan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yaitu dadih yang mengandung probiotik untuk tubuh. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dengan desain group post test only control design. Responden merupakan bayi yang lahir dari ibu hamil kelompok intervensi yang diberikan dadih dari awal trimester II hingga melahirkan, sementara kelompok kontrol tidak diberikan dadih. Jumlah sampel masing-masing adalah 29 orang. Setelah itu diukur berat badan dan panjang badan saat bayi lahir dan usia 6 bulan. Hasil selisih berat badan bayi baru lahir kelompok intervensi dan kontrol adalah 313,80 gram dengan p-value = 0,003 (p < 0,05). Selisih berat badan bayi setelah usia 6 bulan antara kelompok intervensi dan kontrol adalah 531,79 gram dengan p-value = 0,022 (p < 0,05). Selisih panjang badan bayi baru lahir kelompok intervensi dan kontrol adalah 0,50 cm dengan p-value = 0,002 (p < 0,05). Selisih panjang badan bayi setelah usia 6 bulan antara kelompok intervensi dan kontrol adalah 2,23 cm dengan p-value = 0,013 (p < 0,05). Kesimpulan penelitian ini terdapat peningkatan berat badan dan panjang badan pada bayi baru lahir dan usia 6 bulan dari ibu hamil yang konsumsi dadih dari awal trimester II sampai persalinan dibandingkan bayi yang lahir dari ibu hamil yang tidak konsumsi dadih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:50
Last Modified: 16 Jan 2023 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121856

Actions (login required)

View Item View Item