Hubungan Work family Conflict dengan Burnout pada Guru Wanita di Sekolah Swasta

Nada, Afifah (2022) Hubungan Work family Conflict dengan Burnout pada Guru Wanita di Sekolah Swasta. Diploma thesis, Fakultas Kedokteran.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Wanita yang memiliki peran ganda, dimana ia bekerja sebagai guru dan ibu rumah tangga rentan mengalami stres kerja yang mengarah pada burnout. Hal ini karena adanya tekanan dan tuntutan pekerjaan yang ditanggungnya. Salah satu faktor lain yang menyebabkan guru wanita mengalami burnout adalah work family conflict. Tujuan peneliti untuk melihat hubungan work family conflict dengan burnout pada guru wanita di sekolah swasta. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa korelasi dengan teknik analisis spearman rho. Responden dalam penelitian ini berjumlah 154 orang guru wanita di sekolah swasta, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan adaptasi alat ukur The Maslach Burnout Inventory (MBI) (α = .870) dan The Measurement of Work to Family Conflict (α = .838). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan work family conflict dengan burnout pada guru wanita di sekolah, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar .679 yang berada pada kategori kuat dan nilai signifikansi (p) sebesar .000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tri Rahayuningsih, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Burnout, Guru Wanita, Work Family Conflic
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:24
Last Modified: 13 Jan 2023 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121809

Actions (login required)

View Item View Item