Hubungan Kecanduan Media Sosial dengan Self Esteem pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2019-2021

Mochammad, Rizka Gustianda (2022) Hubungan Kecanduan Media Sosial dengan Self Esteem pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2019-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecanduan media sosial merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi self esteem. Kecanduan media sosial dapat menyebabkan individu membandingkan dirinya dengan orang lain yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan self esteem pada seseorang. Studi pendahuluan yang dilakukan pada beberapa mahasiswa didapatkan ada yang kecanduan media sosial dan memiliki self esteem yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan media sosial dengan self esteem pada mahasiswa program studi kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019, 2020, dan 2021. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner Social Media Disorder Scale dan Rosenberg Self Esteem Scale yang dilakukan pada bulan Oktober–November 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 141 responden. Hasil penelitian didapatkan responden mengalami kecanduan media sosial 24,8%, dan memiliki self esteem yang rendah 31,9%. Hasil analisis menggunakan uji rank Spearman menunjukkan hubungan yang signifikan antara kecanduan media sosial dengan self esteem dengan nilai (r=-,0168, p=0.024). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan media sosial dengan self esteem dan pola hubungan yang negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Julizar, Apt, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kecanduan media sosial, self esteem, perbandingan sosial, feedback negatif.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:34
Last Modified: 09 Feb 2023 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121766

Actions (login required)

View Item View Item