HUBUNGAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE PADA JAMAAH MAJELIS TALIM DI KELURAHAN BATANG KABUNG GANTING KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Shinta, Pertiwi (2022) HUBUNGAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE PADA JAMAAH MAJELIS TALIM DI KELURAHAN BATANG KABUNG GANTING KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Full Text Skripsi Shinta Pertiwi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masa menopause adalah masa yang alamiah dan khas pada wanita. Menopause terjadi secara alami pada kebanyakan wanita antara usia 45 dan 52 tahun dan ditandai dengan perubahan status hormonal dan berhentinya siklus menstruasi. Menopause menyebabkan terjadinya penurunan kualitas hidup seseorang karena akan mengalami gejala yang tidak menyenangkan seperti rasa cemas, depresi, penurunan hasrat, dan kosentrasi serta gangguan vasomotor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan usia menarche dengan usia menopause yang timbul pada jamaah majelis ta’lim di kelurahan Batang Kabung Ganting kecamatan Koto Tangah kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling. Sampel minimum dalam penelitian ini berjumlah 106 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden paling banyak mengalami menarche pada usia 12 tahun yaitu sebanyak 24 responden (22.6%). Responden paling banyak mengalami menopause pada usia 50 tahun yaitu sebanyak 24 responden (22.6%). Hasil uji statistik mengggunakan korelasi pearson diperoleh Sig. 0.000 dan hasil r hitungnya sebesar -0,809. Artinya terdapat hubungan antara usia menarche dengan usia menopause. Hasil nilai r hitungnya negatif -0,809 maka kedua variabel memiliki hubungan yang sangat kuat namun berlawanan. Artinya semakin lambat seseorang mengalami menarche, maka akan semakin cepat mengalami menopause dan begitu sebaliknya. Kesimpulan: responden paling banyak mengalami menarche pada usia 12 tahun, responden paling banyak mengalami menopause pada usia 50 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Ariadi, Sp.OG
Uncontrolled Keywords: Menarche, Menopause
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:55
Last Modified: 09 Jan 2023 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121754

Actions (login required)

View Item View Item