ANALISIS RESEPSI PENONTON TERHADAP KARAKTER YUNI DALAM FILM YUNI (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm) Woman Crisis Center (Wcc) Nurani Perempuan)

Santhiana, Surya (2022) ANALISIS RESEPSI PENONTON TERHADAP KARAKTER YUNI DALAM FILM YUNI (Studi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm) Woman Crisis Center (Wcc) Nurani Perempuan). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Thesis Full)
Thesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Film dapat menyebarkan pesan yang ada didalamnya secara luas, dapat mempengaruhi audiens serta dapat menjadi sebuah sarana yang dapat menyebarkan nilai-nila budaya baik budaya yang sudah mengakar atau budaya baru. Selain itu film juga sering dijadikan wadah untuk mencurahkan keresahan produsen film, seperti film Yuni yang mengangkat cerita perjuangan Yuni sebagai seorang remaja perempuan yang terbelenggu akan mitos-mitos tentang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana LSM WCC Nurnai perempuan menganalisis serta memberi makna kepada karakter Yuni, dan menganalisis penerimaan pesan dalam film Yuni serta bagaimana LSM WCC Nurani Perempuan melihat gambaran gender dalam film Yuni. Penelitian ini menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall yang mengklasifikasikan penonton pada tiga elemen pemaknaan, selain itu penelitian ini juga menggunakan teori Interaksi Simbolik untuk melihat bagaimana society dapat atau tidak mempengaruhi individu. Informan pada penelitian ini berjumlah 8 orang yang merupakan anggota komunitas LSM Nurani Perempuan. Informan pada penelitian ini didapatkan dengan menggunkan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah focus group discussion, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan tidak berada pada tiga posisi penonton yang tetap. Penerimaan penonton terhadap film Yuni ada pada dua posisi decoding yaitu posisi negosiasi dan posisi oposisi, kondisi ini menandakan bahwa ada informan yang masih bisa bernegosiasi dengan film Yuni secara keseluruhan dan ada juga yang menolak karena tidak sesuai dengan atau berlawanan dengan keadaan sosial dan nilai-nilai yang dianut. Pemberian makna dan menganalisis karakter Yuni, informan berada pada posisi negotiated. Informan melihat kesetaran gender yang ada dalam film ini sama dengan yang ingin disampaikan oleh produsen film walau ada satu informan yang menolak jadi dapat di simpulkan bahwa pada bagian kesetaraan gender informan ada pada posisi dominan. Lalu di dapati bahwa seluruh ada pada beberapa informan yang tidak dapat dipengaruhi oleh informan lain karena latar belakang pengelawannya jadi dapat disimpulkan bahwa pengalaman yang di rasakan oleh seseorang lebih berperan dalam penerima atau menolak suatu makna. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Film, Makna

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif., M.Si
Uncontrolled Keywords: Key Word: Reception Analysis, Film, Meaning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:21
Last Modified: 30 Dec 2022 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121031

Actions (login required)

View Item View Item