ANALISIS PENGGUNAAN I-LEARN DAN KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS

ABRAR, ABRAR (2022) ANALISIS PENGGUNAAN I-LEARN DAN KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover & Abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 (Kesimpulan _ Saran).pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_7.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT-2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, pengetahuan dapat diperoleh dengan efektif tanpa perlu kehadiran fisik di ruang kelas. Hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan mengguakan I-Learn. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis dari penggunaan I-Learn dan kepuasan mahasiswa Unand. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan mahasiswa yang ada di 15 Fakultas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportionate stratified random sampling dengan pengukuran variabel penggunaan I-Learn dan kepuasan mahasiswa Unand. Penggunaan I-Learn akan dilihat dari 3 indikator, yaitu; Intensitas media (frekuensi & durasi), jenis isi media, dan hubungan antar individu. Sementara variabel kepuasan akan dilihat dari 4 indikator penentu, yaitu; Cognitive needs (kebutuhan kognitif), Affective needs (kebutuhan afektif), Personal interactive needs (kebutuhan pribadi secara integrasi), Social integravie needs (kebutuhan sosial secara integrasi), Escapist needs (kebutuhan pelepasan). Hasil penelitian ini menunjukkan total nilai pada variabel penggunaan I-Learn secara keseluruhan sebesar 3.630 dan skor rata-rata berada di angka 3,30. Besar skor rata-rata yang diperoleh tersebut masuk dalam kategori tinggi. Skor keseluruhan dari variabel kepuasan mahasiswa yaitu dengan total nilai 2.912 dan skor rata-rata berada di angka 3,24. Artinya dapat disimpulkan bahwa penggunaan I-Learn di Unand termasuk pada kategori cukup tinggi serta tingkat kepuasan mahasiswa juga berada pada kategori tinggi dan makin tinggi tingkat kepuasan mahasiswa dalam menggunakan I-Learn maka penggunaan I-Learn juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: I-Learn, Penggunaan, Kepuasan, Universitas Andalas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:43
Last Modified: 27 Dec 2022 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120456

Actions (login required)

View Item View Item