Pengaruh Penambahan Kapur Padam sebagai Filler terhadap Deformasi Permanen pada Campuran Aspal

Tiara, Fahreza (2022) Pengaruh Penambahan Kapur Padam sebagai Filler terhadap Deformasi Permanen pada Campuran Aspal. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS TIARA FAHREZA 2020922012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kapur padam adalah bahan pengisi alternatif untuk campuran aspal. Kapur padam sebagai bahan pengisi berperan sebagai anti-stripping agent yang dapat meningkatkan keawetan campuran aspal dengan menerima beban lalu lintas seperti berat kendaraan dan gesekan antara roda kendaraan dan permukaan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan kapur padam sebagai filler terhadap deformasi permanen pada campuran AC-WC dengan menggunakan Wheel Tracking Machine (WTM) dengan komposisi filler 0%, 25%, 50%, 75% dan 100% dari berat filler. Lapisan AC-WC merupakan lapisan aspal paling atas yang menyerap beban lalu lintas dan mendistribusikannya ke lapisan dibawahnya berupan beban kendaraan (gaya vertical), rem (gaya horizontal) dan getaran roda kendaraan. Karena terletak di bagian atas, lapisan ini sangat rentan terhadap kerusakan dan deformasi akibat beban lalu lintas atau disebut juga dengan deformasi permanen. Dari hasil penelitian didapat bahwa campuran terbaik AC-WC adalah campuran yang mempunyai agregat yang sesuai dengan gradasi campuran, dengan Kadar Aspal Optimum sebesar 6,5%, komposisi filler maksimum sebesar 75% terhadap berat filler dan juga kapur padam sebagai filler pada campuran AC-WC dapat meningkatkan stabilitas campuran aspal dari 1708,25 kg menjadi 1910,55 kg, dan juga dapat memperlambat terjadinya deformasi permanen pada campuran aspal dari 1312,5 lintasan/mm menjadi 5727,7 lintasan/mm.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Elsa Eka Putri, S.T., M.Sc(Eng)., Ph.D
Uncontrolled Keywords: AC-WC, Kapur Padam, Deformasi Permanen.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:56
Last Modified: 28 Dec 2022 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120381

Actions (login required)

View Item View Item