EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 DAN SD NEGERI 12 SUMPUR KUDUS TAHUN 2016

Rosaliana, Rosaliana (2016) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 DAN SD NEGERI 12 SUMPUR KUDUS TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ROSALIANA (1210331019).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Permasalahan gizi yang terjadi pada anak usia sekolah salah satunya disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang gizi seimbang. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang, salah satunya melalui pendidikan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media puzzle dan papan flanel terhadap peningkatan pengetahuan gizi pada siswa kelas V di SDN 1 dan SDN 12 Sumpur Kudus. Metode Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pre-post test two group design. Populasi studi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 dan SDN 12 Sumpur Kudus sebanyak 60 siswa. Data pengetahuan gizi seimbang diperoleh dari kuesioner. Analisis data menggunakan uji wilcoxon, paired sample test, mann whitney test dan independen sample t-test. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan gizi seimbang sebelum dan sesudah intervensi menggunakan media puzzle dan papan flanel (P<0.005). Tidak terdapat perbedaan selisih rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang antara kelompok perlakukan (P>0.05). Kesimpulan Media puzzle dan papan flanel efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi seimbang siswa. Tidak ada perbedaan selisih rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang antara kelompok perlakuan. Perlu diadakan pengembangan dan pembaharuan metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran gizi seimbang. Daftar pustaka: 48 (1984-2015) Kata kunci: Pedidikan Gizi, Pengetahuan Gizi Seimbang, Puzzle, Papan flannel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:04
Last Modified: 18 Jul 2016 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12027

Actions (login required)

View Item View Item