Gambaran Distress Psikologis dan Mekanisme Koping Selama Masa Pandemi Pada Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rsup Dr. M. Djamil Padang

Kartika, Sinaga (2021) Gambaran Distress Psikologis dan Mekanisme Koping Selama Masa Pandemi Pada Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rsup Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover-Abstract)
Cover-Abstract.pdf - Published Version

Download (907kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutp dan Kesimpulan)(1).pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh_Kartika Sinaga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

COVID-19 menjadi faktor penyebab terjadinya distress psikologi terutama pada tenaga kesehatan di instalasi gawat darurat karena langsung kontak dengan pasien yang belum jelas status kesehatannya data menunjukkan bahwa angka kejadian distress psikologis meliputi stress, kecemasan dan depresi pada tenaga kesehatan yang meningkat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan distress psikologi dengan mekanisme koping selama masa pandemi pada perawat di instalasi gawat darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M.Djamil Padang dari bulan Juli 2020 - Maret 2021.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Descriptive menggunakan kuesioner DASS 21 dan kuesioner BCI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan teknik Totalsampling.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 66,7% responden mengalami stress normal, 28,3% mengalami kecemasan normal dan 58,3% responden mengalami depresi normal serta sebanyak 96,7% perawat memiliki koping yang adaptif. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat membuat program konsultasi psikologis khusus tenaga kesehatan dalam meningkatkan strategi koping tenaga kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S. Kp. MN
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Depresi, Kecemasan, Stress, Mekanisme Koping
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:03
Last Modified: 28 Dec 2022 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119928

Actions (login required)

View Item View Item