PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS) PADA REMAJA DI SMAN 1 BATANG KAPAS

Afif, Dafakusumah (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS) PADA REMAJA DI SMAN 1 BATANG KAPAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fullteks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Salah satu masalah utama pada remaja adalah terkait kesehatan reproduksi, IMS merupakan salah satunya, CDC melaporkan ada 2,5 juta kasus IMS pada tahun 2021, hal ini tentu sangat mengkhawatirkan dan remaja wajib mempunyai pengetahuan dan sikap yang baik melalui pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang IMS terhadap pengetahuan dan sikap remaja di SMAN 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini pre-eksperimental. Rancangan penelitian adalah one group pretest - posttest design, jumlah sampel sebanyak 30 orang yaitu siswa kelas XII SMAN 1 Batang Kapas. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data menggunakan uji wilcoxon, didapatkan nilai p-Value=0,000 (p<0,05) yaitu ada pengaruh pengetahuan remaja di SMAN 1 Batang Kapas setelah diberikan pendidikan kesehatan dan pengaruh sikap remaja di SMAN 1 Batang Kapas setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan p-Value=0,000 (p<0,05). Diharapkan kepada pihak sekolah melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan termasuk tentang IMS kepada remaja agar terhindar dari dampak negatif yang tidak diharapkan baik itu dilakukan dengan metode dari penelitian ini ataupun menggunakan metode lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Infeksi Menular Seksual, Pengetahuan dan Sikap Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:47
Last Modified: 23 Dec 2022 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119741

Actions (login required)

View Item View Item