PENGARUH TERAPI SLOW STROKE BACK MASSAGE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS TIDUR PASIEN END STAGE RENAL DISEASE YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RS Dr. BRATANATA JAMBI

TRI, WAHYUNI (2022) PENGARUH TERAPI SLOW STROKE BACK MASSAGE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS TIDUR PASIEN END STAGE RENAL DISEASE YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RS Dr. BRATANATA JAMBI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESISLENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penurunan kualitas tidur merupakan gejala yang paling banyak dikeluhkan oleh pasien ESRD yang menjalani hemodialisis. Ada beberapa terapi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur salah satunya adalah terapi slow stroke back massage (SSBM). SSBM merangsang pengeluaran hormon endorphin yang berfungsi untuk rasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terapi SSBM terhadap peningkatan kualitas tidur pasien hemodialisa. Jenis penelitian ini quasi eksperimental dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol, pengukuran dilakukan pre dan post dengan jumlah sampel 36 pasien ESRD diambil dengan teknik purposive sampling. Intervensi SSBM dilakukan selama 3 minggu dengan menggunakan alat ukur kualitas tidur Pittsburgh Sleep Quality Index PSQI. Analisa secara univariat ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji alternatif Wilcoxon Test dan uji T Independen. Hasil penelitian didapatkan rerata kualitas tidur pada kelompok intervensi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan SSBM dengan nilai p=0,000. Rerata kualitas tidur pada kelompok kontrol menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan SSBM dengan nilai p=0,060. Ada pengaruh yang signifikan pemberian terapi slow stroke back massage terhadap peningkatan kualitas tidur pasien ESRD yang menjalani hemodialisis di RS dr. Bratanata Jambi nilai p=0,000. Saran untuk institusi pelayanan agar melakukan terapi komplementer SSBM untuk meningkatkan kualitas tidur pada pasien ESRD yang menjalani hemodialisis.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp., MN., Ph.D
Uncontrolled Keywords: ESRD, Kualitas Tidur, Slow Stroke Back Massage
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:58
Last Modified: 22 Dec 2022 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119706

Actions (login required)

View Item View Item