Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Sarana dan Prasarana pada Daerah Relokasi Pasca Bencana Banjir Bandang Batu Busuk Kota Padang

Rahmi, Fadhillaah (2022) Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Sarana dan Prasarana pada Daerah Relokasi Pasca Bencana Banjir Bandang Batu Busuk Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada tanggal 24 Juli 2012 Kota Padang dilanda oleh banjir bandang yang merendam persawahan, ladang-ladang, dan rumah warga di bantaran sungai di 10 kelurahan di Kecamatan Pauh, Lubuk Begalung, dan Nanggalo. Peristiwa banjir bandang ini menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah Kota Padang bahwa daerah hilir juga bisa menjadi daerah rawan bencana saat curah hujan tinggi. Untuk mengurangi risiko kemungkinan terjadinya banjir bandang dikemudian hari, Pemerintah Kota Padang menghimbau kepada masyarakat yang berada pada daerah rawan bencana di daerah Batu Busuk untuk merelokasi tempat tinggalnya ke daerah yang lebih aman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kepuasan masyarakat terhadap sarana dan prasarana yang telah ada pada daerah relokasi pasca bencana banjir bandang di Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang setelah sekitar 8 tahun dihuni. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara terstruktur kepada kepala keluarga atau istri kepala keluarga dari masyakarat yang menetap di daerah relokasi pasca bencana banjir bandang Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang. Pengukuran tingkat kepuasan masyarakat ditentukan dengan metode skala likert menggunakan 5 skala. Selain juga digunakan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA) untuk mengetahui urutan prioritas peningkatan kualitas tiap indikator yang mempengaruhi kepuasan masyarakat dengan mendapatkan nilai tingkat kesesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan masyarakat terhadap sarana dan prasarana pada daerah relokasi pasca bencana banjir bandang Batu Busuk berada pada angka 2,72 atau kepuasan masyarakat berada pada kondisi rata-rata. Hal yang paling dikeluhkan oleh masyarakat yang menetap di daerah relokasi tersebut adalah kondisi jalan yang tidak memadai disertai dengan minimnya penerangan jalan perumahan. Daerah tersebut juga rawan terhadap erosi/longsor yang membuat masyarakat selalu merasa khawatir ketika hujan. Selain itu air bersih juga susah didapatkan oleh masyarakat ketika musim kemarau datang, sarana peribadatan juga masih belum memadai sehingga musola yang telah tersedia jarang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:28
Last Modified: 21 Dec 2022 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119263

Actions (login required)

View Item View Item