RELATIONSHIP MAINTENANCE DALAM COMMITTED ROMANTIC RELATIONSHIP (Studi Kasus Pada Dua Pasangan Suami Istri yang Kehilangan Pekerjaan di Wilayah Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kota Padang)

ELMONIKA, ANAS (2022) RELATIONSHIP MAINTENANCE DALAM COMMITTED ROMANTIC RELATIONSHIP (Studi Kasus Pada Dua Pasangan Suami Istri yang Kehilangan Pekerjaan di Wilayah Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
FILE COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I E SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL ELMONIKA ANAS .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dinamika sosial yang terjadi dapat membawa perubahan pada hubungan. Hal ini tidak terkecuali ditemukan pada hubungan interpersonal committed romantic relationship yang dijalani oleh pasangan suami istri dalam sebuah ikatan pernikahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematik komunikasi interpersonal yang terjadi pada pasangan suami istri yang suaminya kehilangan pekerjaan di RT 03. RW. 05 Desa Pemancungan, Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, dan menganalisis relationship maintenance yang dilakukan pasangan suami istri tersebut, sebagai usaha mempertahankan hubungan romantis interpersonal agar tetap harmonis dan bertahan di tengah problematik yang terjadi. Peneliti menggunakan relational maintenance model yang dikembangkan oleh Canary dan Stafford. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan paradigma konstruktivisme sebagai sudut pandang penelitian. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu; wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menerapkan analisis data Miles dan Huberman yakni dengan mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan, dan memverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya problematik komunikasi interpersonal yang terjadi dalam hubungan committed romantic relationships pada pasangan yang kehilangan pekerjaan, yaitu; pasangan menjadi sering bertengkar, istri mendominasi komunikasi saat pertikaian terjadi, kemudian istri memiliki perubahan komunikasi secara temporial atau sementara. Adapun pasangan menerapkan strategi relationships maintenance yakni pasangan melakukan komunikasi setiap hari, pasangan terbuka dengan permasalahan dan perasaan mereka, pasangan memahami dan menerima keadaan masing-masing, pasangan cenderung untuk menghindari pertengkaran, suami memberikan pujian dan berterima kasih kepada istri, suami mencairkan suasana dengan candaan kepada istri, setiap individu saling mengupayakan memiliki waktu bersama, setiap individu saling berbagi tugas dalam menjalankan kehidupan rumah tangga, pasangan suami-istri saling mengetahui tentang keluarga besar dan lingkungan pertemanan masing-masing dari pasangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, S.P, M.Si. Dr. Sarmiati, S.Sos, M.Si.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:45
Last Modified: 20 Dec 2022 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119251

Actions (login required)

View Item View Item