KAJIAN LITERATUR: ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN PELAYANAN KOLABORASI INTER PROFESI DI RUMAH SAKIT UMUM

Laras, Surakusuma (2022) KAJIAN LITERATUR: ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN PELAYANAN KOLABORASI INTER PROFESI DI RUMAH SAKIT UMUM. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (68kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text
Skripsi Full text (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan merupakan hak dari semua masyarakat Indonesia seperti yang telah dicantumkan UU kemenkes RI Nomor 23 Tahun 1994. Demi menunjang pelayanan kesehatan yang baik, kolaborasi inter profesi dilakukan pada pelayanan kesehatan Indonesia. Kolaborasi inter profesi mulai diterapkan dalam bentuk pendidikan inter profesi untuk mahasiswa maupun mahasiswi tenaga kesehatan. Hal ini dilakukan guna membantu memperkenalkan dan membiasakan praktik kolaborasi antar tenaga kerja kesehatan di pelayanan kesehatan. Rumah sakit umum merupakan tempat pelayanan kesehatan yang sangat universal. Perbedaan jumlah penyakit serta fokus penanganan pasien, membuat rumah sakit umum menjadi tempat kolaborasi inter profesi yang tepat untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur dengan menggunakan metode prisma checklist sebagai critical appraisal. Penelitian ini dilakukan dengan menyaring sampel jurnal melalui database online yaitu google cendekia, sinta, garuda, pubmed serta doaj. Penelitian ini menggunakan kata kunci patience satisfaction atau kepuasan pasien, kolaborasi inter profesi atau Interprofessional collaboration, serta General hospital atau rumah sakit umum. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebanyak 101 Jurnal dalam rentang waktu publikasi 2015-2022. Sebanyak 7 Jurnal dapat dianalisis menggunakan metode prisma checklist dengan topik hubungan tingkat kepuasan masyarakat dengan pelayanan kolaborasi inter profesi di rumah sakit umum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja tenaga medis memiliki pengaruh dalam tingkat kepuasan pasien dan keluarga pasien. Kolaborasi inter profesi dengan metode multidisiplin dapat menambahkan kenyamanan pada pasien. Metode multidisiplin membuka ruang diskusi dalam menentukan keputusan akhir dalam mengambil tindakan untuk pasien. Tidak hanya itu, dengan metode multidisiplin, tenaga medis juga mendapatkan wawasan baru mengenai praktik pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Abdiana,SKM, M.Epid
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Kolaborasi Inter Profesi, Rumah sakit umum
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:11
Last Modified: 16 Dec 2022 02:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118861

Actions (login required)

View Item View Item