HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON KONTEN TIKTOK IRA MIRAWATI DENGAN MOTIVASI PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ANDALAS

Annisa, Marlina (2022) HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON KONTEN TIKTOK IRA MIRAWATI DENGAN MOTIVASI PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dorongan atau motivasi pada diri individu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor ekstrinsik atau faktor yang berasal dari luar diri individu, yang dalam hal ini adalah intensitas menonton konten TikTok @buiramira. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton konten TikTok @buiramira dengan motivasi yang muncul dalam diri mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada 61 responden, dengan teknik analisis data Spearman Rank menggunakan aplikasi SPSS. Dengan teori uses and gratifications, penelitian ini melihat bagaimana proses pemenuhan kebutuhan individu dan pemilihan media melalui motivasi yang tumbuh dalam dirinya. Hasil perolehan data memperlihatkan bahwa indikator perhatian dan penghayatan menunjukkan intensitas menonton yang tinggi terhadap konten TikTok @buiramira. Sementara indikator durasi dan frekuensi menunjukkan tingkat intensitas yang rendah. Pada variabel motivasi, ketiga indikator yaitu, need for power, need for achievement dan need for affiliation menunjukkan motivasi yang tinggi pada mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Hasil akhir penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara intensitas menonton dengan motivasi penyelesaian skripsi, dengan angka signifikansi sebesar 0,000. Pada uji hipotesis diperoleh nilai Zhitung sebesar 3,656 yang lebih besar dari nilai Ztabel 1,96. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yang artinya intensitas menonton konten TikTok @buiramira memiliki hubungan yang nyata dengan motivasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas dalam menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, MA
Uncontrolled Keywords: Akun @buiramira, Intensitas menonton, Motivasi, TikTok
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:50
Last Modified: 15 Dec 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118552

Actions (login required)

View Item View Item