PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN KONSULTASI MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DAN TINDAKAN KONSUMSI TTD SERTA TINGKAT KECUKUPAN FE IBU HAMIL DI PUSKESMAS MUARA LABUH KAB. SOLOK SELATAN TH 2022

Nadya, Rofifa (2022) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN KONSULTASI MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DAN TINDAKAN KONSUMSI TTD SERTA TINGKAT KECUKUPAN FE IBU HAMIL DI PUSKESMAS MUARA LABUH KAB. SOLOK SELATAN TH 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan)
BAB 6 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_NADYA ROFIFA_1711223013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, September 2022 Nadya Rofifa, No BP 1711223013 PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN KONSULTASI MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DAN TINDAKAN KONSUMSI TTD SERTA TINGKAT KECUKUPAN FE IBU HAMIL DI PUSKESMAS MUARA LABUH KAB. SOLOK SELATAN TH 2022 ix + 97 Halaman, 13 Tabel, 5 Gambar, 6 Lampiran ABSTRAK Tujuan Prevalensi anemia pada ibu hamil secara nasional berdasarkan hasil Riset Kesedatan Dasar adalah sebesar 48,9%. Salah satu penyebab anemia adalah karena pengetahuan, tindakan dan kecukupan Fe yang kurang. Upaya dalam mengatasi permasalahan anemia pada ibu hamil adalah dengan edukasi. Edukasi dapat merubah pengetahuan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian edukasi dengan konsultasi menggunakan media leaflet terhadap perubahan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dan tindakan konsumsi TTD serta tingkat kecukupan Fe ibu hamil di Puskesmas Muara Labuh Kab. Solok Selatan Th 2022. Metode Jenis penelitian ini adalah quasy experiment pre-post test with control group. Media yang digunakan adalah leaflet. Penelitian dilakukan di Puskesmas Muara Labuh dari bulan November 2021 – Juni 2022. Sampel terdiri dari 32 ibu hamil menggunakan purposive atau judgment sampling. Analisis data dilakukan secara independent sample t test, paired sample t-test dan mann withney. Uji normalitas data menggunakan uji normalitas Shapiro-wilk. Hasil Sebelum diberikan edukasi ibu hamil memiliki skor pengetahuan 5,94, skor tindakan 7,88 dan skor kecukupan Fe 63,75 sedangkan setelah diberikan edukasi skor pengetahuan 8,44, skor tindakan 10,38 dan skor kecukupan Fe 77,25. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan (p<0,05), tindakan (p<0,05) dan kecukupan Fe (p<0,05) yang signifikan tentang anemia dan (TTD) pada kelompok intervensi menggunakan media leaflet. Kesimpulan Pemberian edukasi dengan konsultasi tentang anemia dan TTD menggunakan media leaflet berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan tindakan konsumsi TTD serta tingkat kecukupan Fe ibu hamil. Diharapkan ibu hamil lebih meningkatkan pengetahuan tentang anemia dan TTD dan meningkatkan keanekaragaman bahan makanan yang mengandung Fe. Daftar Pustaka: 87 (2009 – 2022) Kata Kunci : anemia, edukasi, TTD, pengetahuan, tindakan, kecukupan Fe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:21
Last Modified: 14 Dec 2022 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118398

Actions (login required)

View Item View Item