GAMBARAN MANAJEMEN HIPERTENSI PADA LANSIA OLEH KELUARGA DAN KESIAPSIAGAAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 11 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022

ELNOVITA, RAHMAWATI (2022) GAMBARAN MANAJEMEN HIPERTENSI PADA LANSIA OLEH KELUARGA DAN KESIAPSIAGAAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 11 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022. Other thesis, Universitas andalas.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB I)
PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB V)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (KIA UTUH)
Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dampak bencana akan dirasakan lebih besar oleh kelompok rentan daripada kelompok masyarakat lainnya, salah satunya kelompok rentan lanjut usia. Pada lanjut usia tekanan darah akan cenderung tinggi sehingga lansia lebih besar berisiko terjadinya hipertensi. Prevalensi hipertensi berdasarkan pengukuran pada Riskesdas tahun 2018 per kabupaten/kota Provinsi Sumbar sebesar 25,1%, prevalensi hipertensi di Kota Padang sebesar 21,7%. Upaya untuk mengurangi risiko dari dampak bencana telah dirancangkan pemerintah salah satunya yaitu meningkatkan kesiapsiagaan. Kesiapsiagaan keluarga terhadap lansia yang memiliki hipertensi sebagai upaya preventif seperti bekerjasama untuk mengenal dan mengumpulkan sumber-sumber yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan dasar sebelum terjadi bencana. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran manajemen hipertensi pada lansia oleh keluarga dan kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi bencana gempa bumi di RW 11 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah populasi adalah 31 keluarga yang memiliki lansia dengan hipertensi dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengisian kuesioner oleh keluarga yang memiliki lansia dengan hipertensi. Hasil analisa univarita ini diketahui sebagian besar manajemen hipertensi pada lansia oleh keluarga paling banyak berada pada kategori terkendali dan hampir separuh keluarga sudah berada pada kategori siap. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen hipertensi yang baik pada lansia tidak terlepas dari peran keluarga, hal ini adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesiapsiagaan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Manajemen hipertensi, Lansia, Kesiapsiagaan, Keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:35
Last Modified: 15 Dec 2022 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118176

Actions (login required)

View Item View Item