STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA KELUARGA DENGAN LANSIA DALAM MENYIAPKAN OBAT DI RW 12 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG

VIVI, FEBRIYENI (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA KELUARGA DENGAN LANSIA DALAM MENYIAPKAN OBAT DI RW 12 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB I)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB V)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB V)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Karya Ilmiah Utuh)
KARYA ILMIAH AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lansia sebagai kelompok rentan terhadap dampak bencana, terutama pada lansia yang memiliki penyakit kronis memiliki angka kekambuhan penyakit lebih tinggi saat kejadian bencana. Padahal selama bencana pelayanan kesehatan mengalami gangguan terhadap penyediaan perawatan medis rutin, manajemen penyakit kronis, kekurangan resep dan obat-obatan. Oleh sebab itu diperlukan peran keluarga dalam membantu lansia untuk menyiapkan obat-obatan sebagai upaya kesiapsiagaan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan bencana pada keluarga dengan lansia dalam menyiapkan obat .Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus eksplorasi yang dilakukan di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang pada bulan Juli 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak tiga partisipan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur. Data dianalisis menggunakan analisa tematik. Hasil penelitian ini didapatkan tiga tema utama yaitu pengalaman bencana, kesiapsiagaan keluarga menghadapi bencana dan kesiapsiagaan keluarga dalam menyiapkan obat saat bencana. Kesiapsiagaan keluarga dalam menyiapkan obat untuk bencana masih banyak keluarga yang tidak menyiapkan obat saat bencana. Semua partisipan hanya menyiapkan surat penting saja. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan agar keluarga dapat menyiapkan obat untuk menghadapi bencana sehingga dapat menghindari kekambuhan penyakit akibat bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN, PhD
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan bencana keluarga, Kesiapsiagaan keluarga menyiapkan obat, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:31
Last Modified: 15 Dec 2022 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118168

Actions (login required)

View Item View Item