Kesiapsiagaan Lansia dalam Menghadapi Gempa Bumi setelah Diberikan Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo

Adzkia, Pinta Dano (2022) Kesiapsiagaan Lansia dalam Menghadapi Gempa Bumi setelah Diberikan Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB V)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (KIA Full Text)
Karya Ilmiah Akhir_2141312041_Adzkia Pinta Dano.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lansia mengalami tingkat mortabilitas dan morbilitas lebih tinggi saat terjadi bencana gempa bumi dari populasi yang lebih muda. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan kesiapan lansia dalam mengantisipasi bencana. Sebagai bentuk meningkatkan kesiapsiagaan lansia, mahasiswa profesi ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melakukan penyuluhan tentang kesiapsiagaan bencana pada lansia di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi gempa bumi setelah diberikan penyuluhan kesiapsiagaan bencana di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipan pada penelitian ini berjumlah lima orang dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan 3 tema utama yaitu, pengetahuan lansia mengenai bencana, rencana tanggap darurat bencana dan kebermanfaatan penyuluhan kesiapsiagaan bencana. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan yang dimilki lansia terutama tentang rencana tanggap darurat masih kurang, lansia sudah memiliki rencana tanggap darurat dan lansia menganggap penyuluhan yang diberikan telah bermanfaat. Diharapkan program penyuluhan kesiapsiagaan bencana dapat dilakukan secara rutin pada lansia sehingga dapat lebih meningkatkan kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep.,Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: lansia, kesiapsiagaan, penyuluhan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:40
Last Modified: 09 Dec 2022 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117890

Actions (login required)

View Item View Item