Kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi studi kasus di RW 11 Kelurahan Pasia Nan Tigo

Yolanda, Zulpendri (2022) Kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi studi kasus di RW 11 Kelurahan Pasia Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Anda.

[img] Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (KIA full text)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lansia sangat memerlukan perhatian khusus dalam kesiapsiagaan bencana.Kesiapsiagaan ini dapat dibantu melalui peran dari keluarga dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan yang diberikan oleh keluarga dalam melindungi lansia. Seluruh anggota keluarga harus membuat kesepakatan bersama agar lebih paham menghadapi situasi darurat bencana rencana. Rencana kesiapsiagaan keluarga harus disusun dan dikomunikasikan dengan anggota keluarga di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tentang kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi di RW 11 Kelurahan pasia dan tigo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif dengan metode wawancara mendalam. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang dengan kriteria keluarga yang tinggal bersama lansia dan kesehariannya terlibat dalam memenuhi kebutuhan lansia, keluarga yang tinggal di RW 11 Kelurahan pasia nan tigo. Data yang dikumpulkan berupa rekaman hasil wawancara yang dilengkapi dengan menggunakan pedoman wawancara berupa pertanyaan, yang dianalisis menggunakan teknik Collaizi's. Hasil penelitian ini mengidentifikasi tiga tema yaitu pengalaman dan sikap keluarga dalam menghadapi gempa bumi, kesiap siagaan keluarga dalam rencana tanggap darurat dan dukungan keluarga terhadap lansia dalam kesiapsiagaan bencana. Penelitian ini memberikan saran kepada partisipan dan masyarakat di RW 11 Kelurahan pasia nan tigo untuk meningkatkan rencana tanggap darurat tentang kesiapsiagaan bencana, serta meningkatkan kebutuhan untuk lansia seperti kebutuhan dasar, kebutuhan energi dan kebutuhan evakuasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Fitri Mailani,M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kelompok rentan,gempa bumi, kesiapsiagaan, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:22
Last Modified: 09 Dec 2022 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117880

Actions (login required)

View Item View Item