Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Dokter Di Rumah Sakit Universitas Andalas Pada Era Pandemi Covid-19

Andra, Rendi Deva (2022) Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Dokter Di Rumah Sakit Universitas Andalas Pada Era Pandemi Covid-19. Masters thesis, Universitas Andala.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Tesis Rendi Deva Andra.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB AKhir.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Daftar Pustala)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Rendi Deva.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 menyebabkan dokter memiliki kepuasan kerja yang lebih rendah dibandingkan dengan periode sebelumnya. Penelitian awal yang dilakukan di RS Unand terhadap tenaga kesehatan, kepuasan kerja dokter lebih rendah dibandingkan dengan tenaga kesehatan lain. Kepuasan kerja yang rendah terutama pada dokter dapat menyebabkan penurunan kualitas layanan pada suatu rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja dokter di Rumah Sakit Universitas Andalas pada era pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain explanatory. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kepuasan kerja dokter secara keseluruhan dan variabel independent yaitu gaji, promosi, tunjangan, pengakuan, supervisi, aturan perusahaan, teman kerja, sifat pekerjaan, dan komunikasi. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yang dilakukan terhadap seluruh dokter di RS Unand, dimana 71 dokter memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner job satisfaction survey (JSS). Analisis univariat, korelasi, regresi logistic, dan triangulasi digunakan dalam penelitian ini. Hasil: Variabel gaji, tunjangan, dan aturan kerja memiliki nilai rata-rata terendah dari sembilan faktor kepuasan kerja. Faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja adalah gaji, tunjangan, pengakuan, supervisi, rekan kerja, sifat kerja, dan komunikasi. Dari kesembilan variabel, variabel pengakuan yang paling berhubungan dengan kepuasan kerja. Terdapat beberapa permasalahan dari hasil wawan cara terkait kepuasan kerja yaitu tidak adanya gaji dokter PNS yang berasal dari instansi lain, tidak ada kenaikan gaji, kecilnya gaji, kecil dan tidak transparannya tunjangan dokter, aturan kerja yang tidak tegas, serta miskomunikasi aturan kerja. Kesimpulan: Variabel pengakuan atau contingent reward merupakan variabel yang paling berhubungan dengan kepuasan kerja. Pimpinan rumah sakit perlu melakukan evaluasi terkait pengakuan yang didapatkan dokter di Rumah Sakit Universitas Andalas. Kata Kunci: Covid-19, Dokter, Kepuasan kerja, Rumah Sakit Pendidikan. Daftar Pustaka: 83 (1985-2021)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:30
Last Modified: 09 Dec 2022 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117788

Actions (login required)

View Item View Item