Hubungan Evaluasi Tutor Berdasarkan Presepsi Mahasiswa dengan Kegiatan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Fitria, Zara (2020) Hubungan Evaluasi Tutor Berdasarkan Presepsi Mahasiswa dengan Kegiatan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
SKRIPSI--abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
SKRIPSI--pendahuluan.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
SKRIPSI--penutup.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
SKRIPSI--daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text
SKRIPSI full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan kedokteran mengalami perkembangan dan perubahan, salah satunya.dengan menggunakan sistem pembelajaran PBL. Tutor merupakan faktor penting yang mempengaruhi kualitas PBL. Tutor berkontribusi dalam pengembangan kemampuan belajar mandiri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan evaluasi tutor dan kegiatan belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, didapatkan sebanyak 100 responden. Data penelitian berupa data primer dengan menggunakan A Short Tutor Evaluation Questionnaire dan Self-study and Reporting Process Questionnaire sebagai alat ukurnya. Data dianalisis secara univariat dan biavariat. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p < 0,05. Hasil analisis univariat evaluasi tutor berdasarkan presepsi mahasiswa menunjukkan sebanyak 41% responden menilai kurang baik dan 59% responden menilai baik. Hasil evalusi kegiatan belajar mandiri menunjukkan bahwa sebanyak 43% responden menjalankan dengan kurang baik dan 57% responden baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara evaluasi tutor berdasarkan presepsi mahasiswa dengan kegiatan belajar mandiri mahasiswa dengan nilai p=0,02. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara evaluasi tutor berdasarkan presepsi mahasiswa dengan kegiatan belajar mandiri mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Dian Pertiwi, MS
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, Evaluasi tutor, Kegiatan belajar mandiri mahasiswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:56
Last Modified: 20 Dec 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117710

Actions (login required)

View Item View Item