ANALISIS MAKNA MITOS PADA CERPEN "RUMAH KOPI SELATAN JAKARTA DAN OBROLAN-OBROLAN SETELAH PANDEMI" KARYA DONI AHMADI: TINJAUAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES

Nabilla, Hanifah Suci Ramadhani (2022) ANALISIS MAKNA MITOS PADA CERPEN "RUMAH KOPI SELATAN JAKARTA DAN OBROLAN-OBROLAN SETELAH PANDEMI" KARYA DONI AHMADI: TINJAUAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text (BAB IV Penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI watermark full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nabilla Hanifah Suci Ramadhani. 1810722001. “Analisis Makna Mitos pada Cerpen Rumah Kopi Selatan Jakarta dan Obrolan-Obrolan setelah Pandemi Karya Doni Ahmadi: Tinjauan Semiologi Roland Barthes”. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. 2022. Pembimbing I: Sudarmoko, S.S., M.A., P.hd. dan Pembimbing II: Dr. Zurmailis, M.A. Pandemi virus covid-19 di Indonesia menimbulkan berbagai permasalahan sosial bagi kehidupan masyarakat. Realitas itu terdokumentasikan pada cerpen Rumah Kopi Selatan Jakarta dan Obrolan-Obrolan setelah Pandemi Karya Doni Ahmadi. Cerpen berbentuk dialog dan dimunculkan tanda-tanda kultural. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna mitos pada cerpen RKSJOP. Metode yang digunakan adalah metode analisis naratif struktural. Langkah-langkah penelitian: 1) menentukan leksia, 2) mengategorikan kode pembacaan, 3) menyatukan dan menyimpulkan makna kode. Hasil penelitian menunjukkan ada 61 leksia dan lima kategori kode pembacaan. Bentuk mitos adalah rumah kopi di kawasan Jakarta Selatan merupakan simbol prestise sosial tinggi bagi pemakainya, pusat tren urban, dan simbol kapitalisme. Makna kosong berupa 1) para tokoh ingin menaikkan status sosial dengan cara memanfaatkan citra tongkrongan kafe di kawasan Jakarta Selatan, dan 2) kian pudarnya budaya lokal di lingkungan urban. Kata kunci: Cerpen Rumah Kopi Selatan Jakarta dan Obrolan-Obrolan setelah Pandemi, semiologi, mitos, Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:10
Last Modified: 28 Nov 2022 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117592

Actions (login required)

View Item View Item