STRATEGI ADAPTASI ENAM PEMILIK LAUNDRY PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG

Salsabila, Junita (2022) STRATEGI ADAPTASI ENAM PEMILIK LAUNDRY PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Caca.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV Penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19, memaksa diberlakukannya regulasi pembatasan kegiatan masyarakat di segala bidang. Termasuk dalam bidang ekonomi, yang membuat pelaku usaha kewalahan. Hal itu pula yang dialami oleh pemilik usaha laundry di Kota Padang, para pemilik usaha membutuhkan berbagai upaya dan strategi dalam beradaptasi selama periode pandemi berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji bentuk kendala serta strategi para pemilik usaha laundry untuk bertahan pada masa pandemi Covid-19 di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam bersama pemilik usaha laundry sebagai informan pelaku dan pelanggan sebagai informan pengamat. Informan didapat berdasarkan kriteria yang telah di tentukan. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional dari Talcott Parson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pemilik usaha laundry selama pandemi, yaitu: menurunnya omzet akibat pembatasan kegiatan masyarakat, kenaikan ongkos produksi. Sementara itu, berbagai strategi yang dilakukan sebagai berikut: 1) strategi aktif, berupa pemberian diskon dan potongan harga, menerapkan protokol kesehatan, menambah layanan, promosi melalui pamflet dan medsos, penambahan jenis usaha, serta pindah lokasi dan mengubah jam operasional. 2) strategi pasif, berupa meminimalisir penggunaan alat dan bahan baku serta meminimalisir jumlah dan upah karyawan. 3) strategi jaringan, berupa melakukan pendekatan personal kepada pelanggan serta menjalin relasi baru. Kata Kunci: strategi, usaha laundry, pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Rer. Soz. Damsar, MA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:22
Last Modified: 25 Nov 2022 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117469

Actions (login required)

View Item View Item