Putri, Khosuma (2022) Pengembangan Produk Teh Kesehatan Berbasis Gambir Berdasarkan Preferensi Konsumen. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (443kB) |
|
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text (Bab VI (Penutup))
Bab VI (Penutup).pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (444kB) |
|
Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Gambir merupakan tanaman daerah tropis yang biasa ditemukan pada daerah dataran tinggi. Tanaman gambir juga memiliki banyak manfaat, karena terdapat kandungan kimia penyusunnya seperti katekin (7-33%) yang bermanfaat bagi kesehatan. Pemasok gambir Sumatera Barat, 90% berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal tersebut menjadi peluang yang kuat bagi masyarakat daerah Sumatera Barat memanfaatkan tanaman gambir menjadi suatu inovasi produk olahan gambir. Upaya masyarakat Sumatera Barat dalam memanfaatkan tanaman gambir yaitu berupa produk teh celup daun gambir. Tetapi teh celup daun gambir belum banyak tersedia di pasaran, sehingga banyak dari masyarakat tidak mengetahui produk teh celup gambir. Kemudian harga dari teh celup gambir lebih tinggi dibandingkan teh biasa. Untuk memanfaatkan tanaman gambir maka dilakukanlah penambahan variasi produk teh gambir, yang dapat minimalisir harga teh celup gambir. Selain itu rasa teh gambir pahit membuat banyak orang tidak dapat menikmati rasa tersebut. Salah satu upaya agar dapat menarik simpati masyarakat yaitu dengan melakukan pencampuran antara rasa dengan variasi rasa tambahan dan juga mempertimbangkan kepraktisan. Pencampuran rasa dilakukan berdasarkan keinginan konsumen. Salah satu upaya yang dapat dilakukanlah adalah melakukan pengembangan produk teh gambir dalam kemasan siap minum. Pengembangan produk teh gambir dalam kemasan siap minum pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tradisional conjoint analysis untuk melihat preferensi konsumen terhadap atribut teh gambir yang dianggap penting. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data diketahui bahwa terdapat enam atribut yang dianggap penting oleh responden dalam pengembangan teh gambir dalam kemasan siap minum yaitu, atribut rasa, atribut kemudahan membeli, atribut harga, atribut bentuk kemasan, atribut aroma, dan atribut manfaat. Kemudian berdasarkan atribut dan level yang dianggap penting oleh responden tersebut maka terbentuk 25 kombinasi produk teh gambir dalam kemasan siap minum. Preferensi konsumen terhadap kombinasi produk teh gambir yang berada pada peringkat pertama adalah teh gambir dengan rasa tambahan madu dengan bentuk kemasan kaleng, rentang harga yang diminati oleh responden <Rp7.000, manfaat yang diinginkan oleh responden yaitu untuk menghilangkan dahaga/haus, minuman teh gambir dalam kemasan juga diharapkan mudah didapatkan, dan aroma teh gambir yang relatif. Berdasarkan kombinasi atribut dan level tersebut dilakukan pembagian sampel minuman teh, dan responden diharapkan memberikan penilaian dan saran untuk teh gambir. Diperoleh sebanyak 37% responden menyukai rasa teh gambir dengan tambahan rasa madu, 23% responden lumayan menyukai rasa teh gambir tetapi sebanyak 40% responden tidak menyukai rasa teh gambir dengan tambahan rasa madu. Oleh sebab itu penelitian selanjutnya dapat merincikan kandungan gula atau komposisi lainnya dari teh gambir yang layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Wisnel, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Atribut, Produk, Teh Gambir, Preferensi Konsumen, Tradisional Conjoint Analysis |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 07:35 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:35 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117380 |
Actions (login required)
View Item |