Syafnita, Neny (2022) Analisis Penggunaan Deiksis Temporal Dalam Anime Byousoku Go Senchimeetoru. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (545kB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (225kB) |
|
Text (Skripsi Full Neny Syafnita)
SKRIPSI FULL NENY SYAFNITA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengenai penggunaan deiksis temporal dalam anime Byousoku Go Senchimeetoru. Deiksis merupakan tindakan menunjuk secara langsung ke karakteristik tertentu dari situasi dimana tuturan berlangsung. Deiksis temporal merupakan pemberian bentuk pada rentang waktu seperti yang dimaksudkan penutur dalam peristiwa berbahasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam tahap pengumpulan data peneliti menggunakan metode simak dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Tahap analisis data peneliti menggunakan metode padan dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Kemudian tahap penyajian hasil analisis peneliti menggunakan metode informal. Teori yang menunjang penelitian ini adalah teori deiksis dari Koizumi dan teori konteks dari Saifudin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam anime Byousoku Go Senchimeetoru terdapat tiga bentuk deiksis temporal yaitu bentuk mirai, bentuk genzai, dan bentuk kako. Bentuk mirai terdiri dari ashita, asatte, raishuu, rainen, raigetsu. Bentuk genzai terdiri dari ima, kyou, kotoshi. Bentuk kako terdiri dari kinou, kesa, ototoi, saikin, sensenshuu, yuube. Selanjutnya terdapat dua jenis penggunaan deiksis temporal berdasarkan waktu pragmatis yaitu Jikan idō-gata (kūkan kotei) dan Terepōto-gata (jikan kotei). Jenis Jikan idō-gata (kūkan kotei) penggunaan waktu pragmatisnya banyak ditemukan pada bentuk waktu kako. Jenis Terepōtogata (jikan kotei) penggunaan waktu pragmatisnya banyak ditemukan pada bentuk waktu mirai. Konteks yang digunakan dalam anime Byousoku Go Senchimeetoru adalah konteks pengetahuan bersama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | s1 sastra jepang |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:34 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 03:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116567 |
Actions (login required)
View Item |