HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI DENGAN SIKAP PENGGUNA PADA INSTAGRAM PEMPROV SUMBAR DI MASA COVID-19

Sarah, Kintan Cahyani (2022) HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI DENGAN SIKAP PENGGUNA PADA INSTAGRAM PEMPROV SUMBAR DI MASA COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Draft Skripsi_Sarah Kintan Cahyani_1710863025 (Autosaved).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semakin banyak pengguna teknologi internet, maka peredaran informasi akan semakin cepat. Namun, informasi tersebut harus dipilah, karena jika tidak, hal tersebut dapat mengakibatkan beberapa masalah. Masalah yang baru-baru terjadi ialah adanya penyebaran informasi yang tidak benar atau disebut hoax. Hal tersebut berdampak apakah informasi yang di dapatkan dan diakses belum tentu berkualitas dan baik untuk pengguna informasi. Penelitian ini berjudul Hubungan Kualitas Informasi dengan Sikap Pengguna pada Instagram Pemprov Sumbar di Masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori penggabungan informasi dari Martin Fishbein untuk melihat seberapa besar hubungan yang ditimbulkan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan software SPSS dalam pengolahan datanya. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya hubungan antara kualitas informasi dengan sikap pengguna pada Instagram @pemprov.sumbar. Hal ini memberikan arti bahwa informasi yang diberikan jelas, informasi yang berdasarkan fakta, senantiasa diperbarui dan membahas seputar Covid-19 di lingkup Sumatera Barat, sehingga berdampak pada kepercayaan dan pengetahuan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah lewat akun Instagram @pemprov.sumbar sebagai salah satu media sosial pemerintahan. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa diperoleh nilai Zhitung sebesar 7.909 sehingga Zhitung > Ztabel di mana 7.909 lebih besar dari 1.96. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti kualitas informasi memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan sikap pengguna informasi pada akun Instagram @pemprov.sumbar di masa Covid-19, tetapi masih perlu dimaksimalkan sikap pengguna informasinya terkait komponen afektifnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sudut pandang yang berbeda dalam kajian komunikasi khususnya di bidang Public Relations dan penggunaan media sosial dalam sebuah instansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Instagram @pemprov.sumbar, Kualitas Informasi, Penggabungan Informasi, Sikap Pengguna Informasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:35
Last Modified: 25 Oct 2022 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115881

Actions (login required)

View Item View Item