Pengaruh Environment, Social dan Governance (ESG) Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Faradilla, Suretno (2022) Pengaruh Environment, Social dan Governance (ESG) Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lingkungan, sosial, dan tata kelola terhadap nilai perusahaan, sampel dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 27 perusahaan selama tahun tersebut. Pengamatan periode selama 5 tahun berturut-turut sehingga total sampel yang diperoleh adalah 135. Studi ini menggunakan Stata 14, teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama ditemukan bahwa pengungkapan variabel environment memiliki efek positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan di perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengungkapan variabel social memiliki dampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan di perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengungkapan variabel governance memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan di perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sementara pengujian dengan variabel kontrol, yaitu ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fajri Adrianto, SE, M.Bus
Uncontrolled Keywords: Environment, Social, Governance, ESG Disclosure, Firm Value
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:51
Last Modified: 25 Oct 2022 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115795

Actions (login required)

View Item View Item